Find Us On Social Media :

Duo, Aplikasi Komunikasi Video Call Buatan Google

By Mentari Desiani Pramudita, Jumat, 19 Agustus 2016 | 13:00 WIB

Duo, Aplikasi Komunikasi Video Call Buatan Google

Intisari-Online.com- Teknologi komunikasi semakin berkembang. Kali ini Google tidak mau kalah. Secara resmi, Google memperkenalkan Duo, aplikasi video call saingan dari FaceTime. Bedanya, aplikasi ini tidak terbatas untuk digunakan oleh pengguna Apple, namun juga Android.

Cara menggunakan Duo sangat mudah. Cukup melakukan registrasi dengan memasukkan nomor telepon. Google menepati janji dengan tidak perlu melakukan pendaftaraan seperti aplikasi komunikasi lainnya.

Teknologi yang digunakan Duo adalah menggunakan web real time communication (web RTC) dan bekerja berdasarkan jaringan mobile. Kerja Duo ini menyederhanakan panggilan telepon. Boleh antar sesama pengguna Android ataupun antara iPhone dan Android.

Hal menarik lainnya, Duo memiliki fitur unik yang bernama Knock Knock. Fitur ini mampu mempreview panggilan. Artinya si pengguna telepon mampu melihat video penelpon. Jadi pengguna bisa memutuskan akan mengangkat atau mematikan panggilan. Hanya saja fitur Knock Knock bisa dilakukan jika nomor kontak penelpon tersimpan handphone Anda.

Fungsi lainnya dari Knock Knock, si pengguna bisa melihat apa yang sedang dilakukan dan dikatakan si penelpon. Ini berguna bagi mereka yang tidak menggunakan Line atau aplikasi sosial media lainnya.

Tampilan Duo berbeda di iPhone dan Android. Di iPhone, aplikasi ini akan muncul seperti kebanyakan menerima telepon masuk lainnya. Sementara untuk Android akan muncul di lock screen handphone Anda.

Sebenarnya, Duo sudah pernah dirilis pada awal tahun dalam bentuk beta bernama Google I/O. Setelah diresmikan berarti Google memiliki empat aplikasi messenger. Tiga diantaranya ada Allo, Messenger, dan Hangouts.

Duo sudah bisa Anda download secara gratis di iOs dan Android.