Find Us On Social Media :

Sandisk Rilis SD Card dengan Kapasitas 1 TB, Perlukah Kita Membelinya?

By Ade Sulaeman, Jumat, 23 September 2016 | 14:30 WIB

Sandisk Rilis SD Card dengan Kapasitas 1 TB, Perlukah Kita Membelinya?

Intisari-Online.com - Kebutuhan media penyimpanan yang besar untuk perangkat mobile memang terus bertambah. Hal inilah yang memicu Western melalui mereka Sandisk meluncurkan SD Card dengan kapasitas 1 Terabyte (TB), kapasitas terbesar dan pertama di dunia. Namun, perlukah kita membelinya?

Hadirnya kartu  memori dengan kapasitas terbesar di dunia ini melanjutkan kepeloporan Sandisk setelah tahun silam melepas seri Extreme Pro berkapasitas setengahnya, 512 GB.  Kartu memori 512 GB ini sendiri memiliki kecepatan transfer data hingga 95 Mbps. Jadi kalau Anda punya  foto dengan ukuran file 3 MB per foto, maka sebanyak 31 foto dapat ditransfer dalam hitungan detik.

Adapun kartu SDXC 1 TB ini dilepas lantaran WD melihat kebutuhan para fotografer dan videografer yang kian produktif. Kartu SDXC (Extended Capacity) memang disiapkan melumat data besar. Kartu ini disiapkan oleh SD Card Association mampu menampung sampai 2 TB. Hanya kali ini WD mendahului.

Tantangan para penggiat rekam gambar vido dan foto belakangan kian tinggi. Apalagi ketika standar video 4K dikenalkan. Kemudian muncul pula format foto dan video 360 dengan menggunakan VR. Mau tak mau memori SDXC 1 TB sangat dibutuhkan. Bahkan, kartu memori ini siap dijejali oleh video dengan format 8K.

Hadirnya kartu SD 1 TB sekaligus menandai 16 tahun kiprah Sandisk sejak merilis kartu SD 64 MB. Belum ada kabar harga jual. Sementara kartu SDXC Extreme Pro 512 GB saja dibanderol  Rp8 jutaan di sejumlah online shop di Indonesia.

Dengan semahal itu untuk versi yang lebih kecil, perlukah kita membelinya? Jelas semuanya kembali kepada kebutuhan masing-masing. Bagi fotografer atau pun videografer, terutama yang sering berada di luar ruangan, kapasitas SD Card sebesar ini bisa jadi sangat berguna.

(Andra Nuryadi/chip.co.id)