Find Us On Social Media :

Skotlandia Sukses Hasilkan Energi dari Kekuatan Angin Lebih Banyak dari yang Mereka Pakai

By Lila Nathania, Minggu, 14 Agustus 2016 | 10:30 WIB

Skotlandia Sukses Hasilkan Energi dari Kekuatan Angin Lebih Banyak dari yang Mereka Pakai

Intisari-Online.com – Di berbagai negara lain mungkin energi terbarukan belum bisa memenuhi kebutuhan energi negara. Namun baru-baru ini Skotlandia sukses hasilkan energi dari kekuatan angin lebih banyak dari yang mereka pakai.

Belakangan ini memang Skotlandia sedang mengalami cuaca yang sangat berangin. Salah satu catatan angin yang paling cepat bahkan mencapai 185 kilometer per jam pada pekan lalu. Berkat cuaca yang sangat berangin itu, Skotlandia justru berhasil mengumpulkan energi yang daya listriknya lebih besar dari kebutuhan seluruh negara mereka.

Gegara satu hari yang sangat berangin itu, pihak WWF di Skotlandia melaporkan bahwa turbin penghasil energi mereka sukses menghasilkan 39,545 megawatt listrik. Padahal, dalam satu hari seluruh negara Skotlandia hanya mengonsumsi 37,202 megawatt saja. Itu sudah mencakup semua bisnis, industri, dan kebutuhan domestik.

Pencapaian ini adalah hal yang boleh dibilang mengagumkan. Walau banyak penduduk Skotlandia mengeluhkan cuaca yang tidak bagus, namun mereka justru berhasil mendapatkan energi yang banyak dari turbin.

Dengan pencapaian pengumpulan listrik sebanyak itu, Skotlandia berarti telah memenuhi 106% dari kebutuhan energi negara mereka. Ini jelas mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Denmark. Tahun 2015 Denmark ‘hanya’ berhasil menghasilkan 42% kebutuhan listirk mereka dari energi angin.

Semoga saja berita baik semacam ini makin memicu semua negara-negara lain di seluruh dunia untuk menggalakan penggunaan energi terbarukan. Dengan adanya sinar matahari, angin, dan air, seharusnya teknologi kita telah mampu menghasilkan energi yang ramah lingkungan.

(iflscience.com)