Find Us On Social Media :

Orangutan Ternyata Bisa Memperkirakan Rasa Sebelum Mencoba Suatu Makanan atau Benda

By Lila Nathania, Minggu, 14 Agustus 2016 | 10:00 WIB

Orangutan Ternyata Bisa Memperkirakan Rasa Sebelum Mencoba Suatu Makanan atau Benda

Intisari-Online.com – Manusia boleh membuat klaim sebagai makhluk paling pintar dan berbudaya. Namun orangutan ternyta bisa memperkirakan rasa sebelum mencoba suatu makanan atau benda.

Orangutan ternyata memang merupakan primata yang pintar. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa mereka bisa menduga rasa sebuah benda atau satu makanan sebelum mencicipinya. Kemampuan unik ini disebut ‘active forecasting’ atau peramalan aktif yang sangat unik.

Active forecasting adalah kemampuan untuk membuat prediksi berdasarkan berbagai macam sistem sensorik dalam tubuh. Kemampuan ini berfungsi saat tubuh mendeteksi adanya sebuah benda atau makanan yang baru dan sebelumnya belum pernah dicicipi.

Kemampuan ini rupanya membuat orangutan bisa menduga rasa dari satu benda atau makanan walau sebelumnya mereka sama sekali belum pernah mencoba. Untuk mengetes hal tersebut, peneliti membuat seekor orangutan mencoba berbagai macam minuman mulai dari jus ceri, jus lemon, hingga cuka apel.

Mereka kemudian membuat berbagai macam minuman campuran yang bahan dasarnya berasal dari berbagai minuman yang sudah dikenali oleh orangutan tersebut. Sebelum menyuguhkan minuman campuran tersebut, peneliti tentu sudah melihat minuman apa yang paling disukai dan paling tidak disukai oleh sang orangutan.

Penelitian kemudian menunjukkan bahwa orangutan bisa tahu minuman mana yang akan ia sukai walaupun itu sudah merupakan campuran berbagai macam cairan. Ia juga tahu mana yang mengandung cuka sehingga ia tak pernah mau meminumnya. Hal ini membuktikan bahwa mereka memang mempunyai active forecasting, kemampuan yang sebelumnya dianggap hanya dimiliki oleh manusia saja.

(iflscience.com)