Find Us On Social Media :

Anda Penyuka Anjing? Kenali 6 Perilaku Aneh Anjing dan Apa Maksudnya (1)

By Rafael Ryandika, Minggu, 28 Agustus 2016 | 08:30 WIB

Anda Penyuka Anjing? Kenali 6 Perilaku Aneh Anjing dan Apa Maksudnya (1)

Intisari-Online.com – Untuk Anda yang memiliki peliharaan anjing, tentunya peliharaan Anda terlihat senang ketika melihat majikannya pulang kerumah. Namun, pernahkah Anda berpikir apakah anjing Anda benar-benar merasa senang ketika Anda pulang? Atau mereka hanya bersemangat karena ketika Anda pulang itu berarti makan malam akan segera tersedia?

Mengutip dari sciencealert.com, seorang peneliti anjing Julie Hecht dan penulis buku “The Genius of Dogs”, Brian Here mengungkapkan mengenai 6 perilaku anjing dan maksud dari perilaku mereka:

1. Mengapa Anjing Merasa Begitu Bersemangat Ketika Diperintahkan Untuk Berjalan?

Anjing memiliki kemampuan yang sama seperti lumba-lumba, kera, ataupun burung beo dalam hal menangkap serangkaian perintah yang disampaikan melalui kata-kata. Bahkan, setiap anjing dipercaya mampu untuk belajar lebih dari 1000  perintah!

Jadi, ketika Anda terus-menerus mengatakan "berjalan" dan kemudian mengambil tali anjing Anda kemudian mengantarkannya keluar, dia (anjing) akan menyimpulkan bahwa kata "berjalan" memiliki sesuatu untuk dilakukan. Disamping itu, pada dasarnya anjing memang memang merupakan binatang yang cukup aktif. Tak heran bila ia merasa senang bila diajak berjalan-jalan, terutama dengan orang yang ia anggap dekat.

2. Mengapa Ketika Anda Menguap Peliharaan Anda pun Menguap?

Sama seperti manusia, anjing pun bisa menangkap dan merasakan emosi seseorang. Sebuah studi dalam jurnal ‘Biology Letters’ mengatakan 'penularan emosi' antara si pemilik dengan hewan peliharaannya, merupakan suatu hal yang benar-benar normal. Terlebih lagi, para peneliti mengatakan bahwa, ketika anjing menirukan sikap Anda ketika sedang menguap, itu merupakan sebuah tanda bahwa ia (anjing) memiliki rasa empati pada Anda.

Selain menirukan Anda ketika sedang menguap, suatu penelitian yang dilakukan oleh University of Helsinki mengatakan bahwa, anjing bisa merasakan saat pemiliknya marah dan mampu merespon sesuai dengan emosi si pemilik. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa anjing dapat merespon emosi yang disampaikan oleh seorang anak bayi yang sedang menangis.

3. Mengapa Anjing Cenderung Memberontak Ketika Anda Mencoba Untuk Memeluk Mereka?

Seorang psikolog yang mempelajari perilaku anjing mengungkapkan penelitiannya bahwa orang-orang yang berusaha memeluk anjing untuk menunjukkan rasa sayangnya, justru membuat anjing merasa tidak senang. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Menurut peneliti perilaku hewan, Julie Hecht, ada tiga hal yang bisa menyebabkan stres pada anjing: 1) Mendekatkan kepala anjing pada hal yang mengganggu mereka; 2) Menampilkan bagian putih mata mereka; 3) Menurunkan atau menjepit telinga mereka.

Ketika Anda memeluk anjing, kemungkinan besar telinga mereka akan terjepit dengan badan Anda. Hal inilah yang menyebabkan mereka menjadi tidak nyaman.

Namun, beberapa anjing mungkin mentolerir sebuah pelukan, terutama jika itu berasal dari seseorang yang dianggap akrab. Dengan kata lain, anjing memiliki berbagai cara untuk menunjukkan rasa kasih sayang, namun pelukan mungkin bukan cara terbaik untuk menunjukkannya.(sciencealert.com)