Find Us On Social Media :

Anda Penyuka Anjing? Kenali 6 Perilaku Aneh Anjing dan Apa Maksudnya (2)

By Rafael Ryandika, Minggu, 28 Agustus 2016 | 09:00 WIB

Anda Penyuka Anjing? Kenali 6 Perilaku Aneh Anjing dan Apa Maksudnya (2)

Intisari-Online.com – Untuk Anda yang memiliki peliharaan anjing, tentunya peliharaan Anda terlihat senang ketika melihat majikannya pulang kerumah. Namun, pernahkah Anda berpikir apakah anjing Anda benar-benar merasa senang ketika Anda pulang? Atau mereka hanya bersemangat karena ketika Anda pulang itu berarti makan malam akan segera tersedia?

Mengutip dari sciencealert.com, seorang peneliti anjing Julie Hecht dan penulis buku “The Genius of Dogs”, Brian Here mengungkapkan mengenai 6 perilaku anjing dan maksud dari perilaku mereka:

4. Mengapa Anjing Suka Menatap Anda Dengan Waktu yang Cukup Lama?

Berapa lama anjing Anda melihat Anda merupakan sebuah ungkapan dirinya dalam usaha untuk memahami emosi Anda.

Dengan kata lain, ketika sedang melihat Anda berlama-lama menunjukkan bahwa anjing Anda sedang memproses sinyal emosional yang Anda beri padanya, seperti senyuman, siulan ataupun tepukan di kepala.

5. Mengapa Anjing Anda Tidak Berhenti Menciumi Teman Anda Ketika Sedang Berkunjung?

Sama seperti hewan lain, anjing mendapatkan banyak informasi mengenai lingkungan mereka berdasarkan apa yang mereka cium. Walau dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa anjing sebenarnya menikmati bau manusia yang sama seperti pemiliknya.

Satu penelitian baru-baru ini misalnya, mengungkapkan bahwa ketika anjing mencium aroma orang yang mirip dengan majukannya, otak mereka telah menafsirkan aroma tersebut sebagai suatu ‘reward’.

Untuk menguji penelitian ini, para peneliti menempatkan anjing ke dalam scanner otak dan memberikan mereka lima bau yang berbeda, yakni bau mereka sendiri, manusia akrab, manusia yang tidak mereka kenal, anjing akrab, dan anjing yang tidak mereka kenal.

Ketika anjing mengendus bau manusia akrab, bagian dari otak mereka yang terkait dengan proses imbalan menunjukkan peningkatan aktivitas, bahkan lebih besar daripada ketika mereka mencium bau anjing akrab.

"Ini berbicara mengenai kemampuan penciuman anjing dan memberikan petunjuk penting tentang pentingnya manusia dalam kehidupan anjing”, tulis para peneliti dalam jurnal mereka.

6. Mengapa Anjing Suka Bersembunyi di Balik Kaki Manusia?