Find Us On Social Media :

NASA Berhasil Menemukan Pesawat Luar Angkasa yang Sudah Hilang Kontak selama Dua Tahun

By Lila Nathania, Minggu, 28 Agustus 2016 | 13:30 WIB

NASA Berhasil Menemukan Pesawat Luar Angkasa yang Sudah Hilang Kontak selama Dua Tahun

Intisari-Online.com – Belum lama ini ada kabar gembira dari antariksa. NASA berhasil menemukan pesawat luar angkasa yang sudah hilang kontak selama dua tahun.

Setelah dua tahun hilang kontak, NASA akhirnya mengumumkan bahwa mereka sudah menemukan pesawat luar angkasa STEREO-B. Pesawat ini kehilangan kontak dengan bumi pada 1 Oktober 2014. Waktu itu STEREO-B  sempat kehilangan kontak dengan bumi selama 72 jam. Setelah itu, secara otomatis ia masuk pada periode hard reset.

Ketika sudah masuk pada periode hard reset, harusnya control dari bumi bisa menghubungi pesawat luar angkasa lagi. Namun saat komunikasi ulang akan dilakukan, signal dari STEREO-B terhalan oleh matahari.

Hal ini kemudian dijelaskan oleh Dan Ossing, manger operasi misi dari STEREO. Ia berkata bahwa matahari mengeluarkan gelombang yang sangat kuat sehingga menciptakan gangguan besar di luar angkasa. Sebagian besar pesawat luar angkasa hanya butuh satu hari saja untuk mengatasi gangguan ini. Namun pesawat luar angkasa STEREO butuh waktu sekitar empat bulan untuk mengatasi gangguan itu.

Bersama dengan STEREO-A, pesawat luar angkasa ini sebenarnya diluncurkan pada tahun 2006. Tujuan dari misi luar angkasa ini adalah mencari hubungan antara matahari dan bumi. Sayang tahun 2014 lalu itu STEREO-B sempat kehilangan kontak dengan bumi. Untung saja sekarang pesawat itu sudah kembali bisa dikontak.

(iflscience.com)