Find Us On Social Media :

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Bagi Kita untuk Jatuh dari Satu Ujung Bumi ke Ujung Satunya? (1)

By Lila Nathania, Senin, 29 Agustus 2016 | 07:00 WIB

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Bagi Kita untuk Jatuh dari Satu Ujung Bumi ke Ujung Satunya? (1)

Intisari-Online.com – Saat masih kecil kita mungkin pernah berandai-andai bisa membuat lubang yang sangat dalam hingga menembus bumi di sisi satunya. Pernahkah Anda menduga-duga berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi kita untuk jatuh dari pucuk bumi ke pucuk satunya?

Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, kita harus membuat beberapa asumsi dasar yang diyakini benar (walaupun pada kenyataannya belum tentu bisa sesuai dengan asumsi tersebut). Kita perlu mengandaikan bila bumi berbentuk bulat sempurna, lubang itu tak punya tekanan udara, dan kepadatan material bumi merata di semua tempat.

Setelah itu, coba bayangkan Anda berdiri di sebelah lubang yang sangat berbahaya tersebut. Bayangkan kita jatuh dengan kepala lebih dulu ke dalam lubang itu. Seperti ilmu fisika sederhana yang sudah kita pelajari saat sekolah, akan terjadi percepatan jatuh ketika kita sudah jatuh selama beberapa saat.

Percepatan ini sangat bergantung pada sudah berapa lama kita mengalami kondisi jatuh. Karena kita masih berada di bumi, maka gravitasi akan tetap memiliki pengaruh pada proses jatuh kita. Kekuatan gravitasi bumi sendiri adalah 9,8 m/s².

Nah, setelah kita jatuh selama beberapa saat dan sudah berada di tengah-tengah bumi, hukum gravitas akan sedikit berubah. Saat sudah berada di pusat bumi tersebut, sebagian gaya gravitasi bumi akan menarik kita ke atas dan sisanya menarik kita ke bawah. Jadi, kecepatan jatuh Anda pada waktu ini sudah sangat dipengaruhi oleh posisi.

Bagaimana penjelasannya?

(iflscience.com)