Find Us On Social Media :

5 Cara Agar Baterai Ponsel Anda Tidak Cepat Habis

By Rafael Ryandika, Kamis, 1 September 2016 | 06:00 WIB

5 Cara Agar Baterai Ponsel Anda Tidak Cepat Habis

Intisari-Online.com – Para pengguna smartphone saat ini selalu mengeluhkan borosnya baterai ponsel mereka. Sejatinya, penyebab utama baterai ponsel menjadi cepat habis bukanlah karena kemampuan daya tampung baterai yang kecil, melainkan karena penggunaannya yang cenderung berlebihan.

Untuk dapat mengurangi derasnya penggunaan baterai ponsel Anda tersebut, cobalah biasakan diri Anda untuk melakukan 5 hal berikut ini:

1. Menurunkan Tingkat Kecerahan Cahaya

Mengurangi tingkat kecerahan cahaya pada ponsel Anda, ternyata terbukti efektif dalam menghemat baterai Anda. Semakin terang cahaya yang ponsel Anda keluarkan, maka semakin besar pula energi yang dikeluarkan oleh baterai. Otomatis, baterai akan semakin cepat kehilangan dayanya.

Disamping itu, aturlah tampilan layar Anda agar dapat mati (sleep) secara otomatis dalam hitungan detik. Ketika Anda menerima suatu pesan ataupun telepon, layar ponsel Anda pasti menyala bukan? Membuat layar Anda secara otomatis mati dalam beberapa detik inilah yang berguna agar dapat menghemat daya yang harus dikeluarkan oleh baterai.

2. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Pernahkah Anda merasa ponsel Anda terasa sedikit panas ketika sedang membuka aplikasi yang cukup banyak dan dalam waktu yang bersamaan? Membuka aplikasi ternyata juga berdampak terhadap derasnya pengeluaran daya baterai.

Maka, tutuplah aplikasi yang sedang tidak Anda gunakan seperti media sosial, games, ataupun internet browser. Bukalah aplikasi yang sedang ingin Anda gunakan, dan segeralah tutup apabila Anda tidak lagi menggunakannya.

3. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Seringkali kita merasa senang apabila tampilan ponsel terlihat sangat cantik, bahkan terlihat seperti hidup karena merespon sentuhan ataupun rangsangan Anda berikan. Namun, keindahan ini tentunya harus dibayar dengan daya baterai yang cukup besar.

Tampilan yang terus bergerak, tentu membuat baterai menjadi selalu harus mengeluarkan dayanya. Maka, cobalah untuk menggunakan tampilan yang biasa saja, tidak perlu bergerak namun tetap indah untuk dipandang mata karena menggunakan suatu gambar atau foto yang Anda sukai.

4. Matikan Koneksi Data Bila Tidak Dibutuhkan