Find Us On Social Media :

Anjing Bisa Memahami Apa yang Anda Katakan dan Intonasi Anda saat Mengatakannya (1)

By Lila Nathania, Minggu, 4 September 2016 | 11:00 WIB

Anjing Bisa Memahami Apa yang Anda Katakan dan Intonasi Anda saat Mengatakannya (1)

Intisari-Online.com – Selama ini mungkin Anda masih menduga-duga apakah anjing bisa mengerti maksud Anda. Kabar baiknya, anjing bisa memahami apa yang Anda katakan dan intonasi Anda saat mengatakannya.

Anjing memang sejak dulu dikenal sebagai hewan yang selalu menjadi sahabat karib manusia. Baru-baru ini, studi menunjukkan bahwa mereka memiliki kemampuan spesial dalam bahasa. Anjing ternyata benar-benar bisa memahami kata-kata yang kita ucapkan dan bahkan mereka bisa membaca situasi ketika mendengar intonasi Anda saat mengucapkan sesuatu.

Peneliti telah mendapatkan fakta menarik bahwa anjing memiliki mekanisme otak yang sama dengan manusia ketika memproses kata-kata dan intonasi. Dengan kata lain, mereka bisa membedakan kosakata serta membedakan berbagai macam intonasi suara untuk menganalisis makna perkataan yang kompleks.

Semua orang yang pernah memiliki anjing tentu tahu bahwa teman mereka ini memiliki kemampuan spesial untuk memahami berbagai macam kata (terutama yang berhubungan dengan makanan). Untuk membuktikan kemampuan ini, para peneliti membuat semacam tes sederhana untuk para anjing.

Dalam eksperimen ini, anjing diperdengarkan kata-kata pujian dalam intonasi pujian lalu peneliti melakukan MRI untuk melihat bagian otak mana yang aktif. Peneliti juga melihat bagaimana efek pada otak anjing ketika mereka mendengar kata yang sama dalam intonasi netral. Terakhir, peneliti juga menguji bagaimana efek dari kata-kata netral namun dalam intonasi memuji.

Bagaimana hasilnya?

(iflscience.com)