Find Us On Social Media :

Anjing Bisa Memahami Apa yang Anda Katakan dan Intonasi Anda saat Mengatakannya (2)

By Lila Nathania, Minggu, 4 September 2016 | 11:30 WIB

Anjing Bisa Memahami Apa yang Anda Katakan dan Intonasi Anda saat Mengatakannya (2)

Intisari-Online.com – Selama ini mungkin Anda masih menduga-duga apakah anjing bisa mengerti maksud Anda. Kabar baiknya, anjing bisa memahami apa yang Anda katakan dan intonasi Anda saat mengatakannya.

Hasil dari eksperimen tersebut menunjukkan bahwa anjing memang memahami kata-kata dan intonasi kita. Bagian orak yang aktif ketika mereka memahami kata-kata adalah otak kiri. Baik dikatakan dalam intonasi pujian atau tidak, mereka bisa membedakan mana kata pujian dan mana kata-kata netral.

Sedangkan itu bagian otak kanan anjing digunakan untuk menelaah intonasi. Jadi bagian otak ini meliat bagaimana intonasi digunakan, bukan kata-katanya. Hebatnya, sistem serupa juga diidentifikasi ada pada otak manusia.

Sama seperti manusia, anjing baru mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan yang maksimal ketika satu bagian tertentu pada otak diaktifkan. Nah, bagian otak anjing ini hanya aktif ketika ia mendengar kata-kata pujian yang diucapkan dalam intonasi pujian juga. Langsung ada produksi hormon dopamin (hormon bahagia) ketika mereka mendengar pujian tersebut. Kata-kata pujian yang diucapkan tanpa intonasi memuji dan kata-kata netral yang diucapkan dalam intonasi memuji sama sekali tidak memicu reaksi tersebut.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa anjing benar-benar memahami kata-kata kita dan intonasi kita saat mengatakannya. Hal ini menunjukkan bahwa anjing memang memiliki kecerdasan bahasa. Mereka tak sekadar mendengar kata-kata saja namun juga menelaahnya dengan mendengarkan intonasi kita saat mengatakannya.

 (iflscience.com)