Find Us On Social Media :

9 Fakta Tentang Bumi dan Luar Angkasa yang Ternyata Salah: Bentuk Zat Bukan Hanya Padat, Cair, Gas

By Lila Nathania, Senin, 12 September 2016 | 08:30 WIB

9 Fakta Tentang Bumi dan Luar Angkasa yang Ternyata Salah: Bentuk Zat Bukan Hanya Padat, Cair, Gas

Intisari-Online.com – Tidak semua hal tentang bumi dan luar angkasa yang kita ketahui selama ini benar. Inilah 9 fakta tentang bumi dan luar angkasa yang ternyata salah.

7. Ada tiga jenis bentuk zat yaitu padat, cair, dan gas

Sebenarnya ada bentuk zat keempat yaitu plasma. Bentuk plasma adalah bentuk yang paling banyak di alam semesta ini karena bentuk plasma dimiliki oleh bintang-bintang seperti matahari yang menyinari kita setiap hari. Ada sejumlah sub-bentuk lain dari zat namun yang utama adalah empat tadi.

8. Musim panas suhunya tinggi karena bumi lebih dekat dengan matahari.

Di musim panas, bumi sama sekali tidak lebih dekat ke matahari. Faktanya, bumi justru berada pada titik yang terjauh dari matahari ketika musim panas. Bumi menjadi lebih panas karena di musim ini bumi miring terhadap matahari sehingga sinar matahari lebih menyinari bumi dengan langsung.

9. Pergi ke luar angkasa membuatmu tak punya berat badan

Ketika pergi ke luar angkasa, bukan berarti kita akan kehilangan semua bobot tubuh kita. Bila belum terlalu jauh dari bumi, kita masih bisa merasakan daya tariknya. Sebagian besar ilmuwan sepakat bahwa luar angkasa dihitung mulai 100 kilometer dari bumi. Di situ, kita masih bisa merasakan gravitasi bumi.

Ketika sudah berada sangat jauh dari bumi tepatnya di atas 400 kilometer, barulah kita bisa lepas dari gravitasi bumi. Itupun baru bisa didapat bila kita mengorbit bumi dengan kecepatan 17,5 kilometer per jam, kecepatan yang memang digunakan saat ini oleh stasiun luar angkasa kita.

Itulah tiga fakta tentang bumi dan luar angkasa yang ternyata salah.

(iflscience.com)