Find Us On Social Media :

Sudah Resmi, NASA Memastikan Pengiriman Ekspedisi ke Mars pada 2018

By Lila Nathania, Senin, 12 September 2016 | 12:00 WIB

Sudah Resmi, NASA Memastikan Pengiriman Ekspedisi ke Mars pada 2018

Intisari-Online.com – Desember 2015 lalu kita mendapatkan kabar buruk bahwa ekspedisi ke Mars dibatalkan. Untunglah sekarang sudah resmi, NASA memastikan pengiriman ekspedisi ke Mars pada 2018.

NASA telah mengumumkan misi terbaru mereka mengirimkan pesawat ke Mars pada Mei 2018. Misi ini paling cepat dilaksanakan pada 5 Mei 2018 dan diperkirakan akan mendarat di Mars pada 26 November 2018.

Pada ekspedisi ini NASA akan membawa InSight (Interior Exploration using Seismic Investigations Geodesy and Heat Transport) yang mampu mengebor hingga lima meter di bawah tanah untuk mengukur temperatur di Mars dan memelajari lapisan tanah yang berada di bawah permukaan. Misi ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan kita akan Mars serta membuka wawasan juga bagaimana planet bebatuan lain terbentuk serta berevolusi.

Misi ini sebelumnya pernah ditunda karena salah satu instrumen sebelumnya, Seismic Experiment for Interior Structure (SEIS) mengalami kebocoran.  SEIS itu tak bisa digunakan di Mars sehingga misi memelajari permukaan tanah itu terpaksa ditunda. Sekarang, NASA dengan bahagia mengumumkan bahwa pengganti SEIS yaitu InSight telah siap dibawa untuk ekspedisi 2018 mendatang.

Ekspedisi ke Mars sendiri telah diatur sedemikian rupa pada waktu yang spesifik karena setiap 26 bulan sekali, planet merah ini memang lebih dekat pada bumi. Itulah alasan mengapa NASA menunda misi menuju Mars tersebut hingga dua tahun.

(iflscience.com)