Find Us On Social Media :

Riset Agar Pembuatan Bayi Manusia Bisa Dilakukan tanpa Sel Telur (2)

By Lila Nathania, Minggu, 18 September 2016 | 15:30 WIB

Riset Agar Pembuatan Bayi Manusia Bisa Dilakukan tanpa Sel Telur (2)

Intisari-Online.com – Sudah sukses dengan melakukan proses reproduksi tanpa sel telur pada hewan, peneliti terus melakukan riset agar pembuatan bayi manusia bisa dilakukan tanpas sel telur.

Penemuan ini memang merupakan revolusi besar di dunia embriologi. Parthenogenotes sendiri adalah sel yang bisa didapatkan pada kulit. Karena itu, bukan tak mungkin suatu hari nanti manusia akan bisa dikembangbiakkan tanpa menggunakan sel telur. Cukup ambil parthenogenotes dan campurkan dengan sel sperma maka bisa tumbuhlah janin.

Walau masih dibutuhkan penelitian yang panjang dan menyeluruh sebelum peneliti bisa mencoba untuk membuat janin manusia melalui metode ini, bukan tak mungkin suatau hari nanti cara tersebut bisa dicoba. Ini merupakan solusi yang sangat baik untuk perempuan infertil yang ingin memiliki anak kandung. Jika mereka tak punya sel telur, masih ada harapan baginya untuk memiliki anak kandung dari tubuhnya sendiri.

Keuntungan dari cara ini tak hanya untuk manusia saja. Hewan-hewan yang hampir punah pun bisa diselamatkan jika yang tersisa hanyalah satu satau dua spesies dari jenis kelamin yang sama. Menggunakan parthenogenotes untuk membuat embrio bisa jadi merupakan solusi cerdik untuk menyelamatkan hewan-hewan yang sudah di ambang kepunahan dan tidak mungkin melakukan reproduksi secara alamiah lagi.

Walau sudah cukup berhasil, peneliti berkata bahwa hasil riset ini masih harus terus dikembangkan sebelum benar-benar dapat diaplikasikan secara luas.

(Iflscience.com)