Find Us On Social Media :

Bagaimana Membuat Bayi Tertidur Nyenyak Sepanjang Malam?

By Monalisa Darwin D, Senin, 19 September 2016 | 09:00 WIB

Bagaimana Membuat Bayi Tertidur Nyenyak Sepanjang Malam?

Intisari-Online.com - Memiliki bayi diperlukan ekstra tanggung jawab bagi orangtua, termasuk mendapati tidur yang nyenyak untuk si bayi. Kebiasaan tidur bayi dapat memengaruhi serta menganggu mereka. Untuk itu, adalah penting membuat bayi tertidur nyenyak sepanjang malam. Lalu bagaimana caranya?

1. Rutinitas makan dan menyusui

Cobalah lakukan untuk membuat pemberian makan serta menyusui yang berbeda. Di siang hari, makanan yang diberikan bisa lebih menarik dan segar, di malam hari berikan makanan yang lebih menghangatkan serta menenangkan. Bila hal ini dilakukan menjadi kebiasaan, maka bayi akan memahami perbedaan antara siang dan malam, sehingga memudahkannya untuk tidur lebih nyaman. Yang perlu diperhatikan juga adalah sebelum bayi tidur, pastikan perutnya tidak kosong karena ini dapat menjadi alasan bayi terbangun di malam hari.

2. Mandikan dengan air hangat

Mandi air hangat sebelum tidur juga dapat membuat bayi tidur nyenyak. Namun, pastikan tubuh bayi kering sebelum akhirnya mereka ditempatkan di tempat tidur, karena bila ada kelembaban pada tubuh atau rambut mererka, kemungkinan mereka akan jatuh sakit. Selama mandi air hangat juga, berikan pijatan lembut pada tubuh mereka.

3. Pastikan bayi tidak terlalu dingin dan tidak terlalu hangat

Sesuaikan suhu serta pakaian yang dikenakan bayi agar mereka tidak merasa terlalu dingin atau terlalu hangat. Hal ini tidak mudah karena kebutuhan bayi akan berbeda-beda dan hanya dapat diketahui dengan mencobakan temperatur serta pakaian yang berbeda pada bayi.

4. Berikan wewangian pada bayi yang mengingatkan pada Anda

Anda sebagai orangtua tentu memiliki wangi yang paling dekat dengan bayi, sehingga bayi sudah mengenalinya dengan baik dan akan merasa nyaman serta merasa terlingungi ketika berada di sekitar orangtuanya.

5. Membuat bayi tertidur nyenyak sepanjang malam memang sedikit sulit, namun yang dibutuhkan hanyalah mengetahui kebutuhan serta membangun rutinitas bayi. (magforwomen.com)