Find Us On Social Media :

Ditemukan Bakteri Baru yang Menyebabkan Penyakit Mirip Sapi Gila di Afrika (1)

By Lila Nathania, Minggu, 25 September 2016 | 13:30 WIB

Ditemukan Bakteri Baru yang Menyebabkan Penyakit Mirip Sapi Gila di Afrika (1)

Intisari-Online.com – Anthrax atau sapi gila adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti. Kabar buruknya, baru saja ditemukan bakteri baru yang menyebabkan penyakit mirip sapi gila di Afrika.

Disebabkan oleh bakteri, anthrax adalah penyakit yang bisa membunuh. Walaupun jarang terjadi pada manusia, penyakit ini bisa menjangkiti jika kita melakukan kontak dengan hewan, manusia lain, atau makanan yang terinfeksi.

Anthrax hanyalah satu spesies bakteri. Namun, sekarang para peneliti sudah menemukan bakteri baru yang memiliki efek kurang lebih sama dengan bakteri anthrax. Penyakit di pusat Afrika ini bisa menginfeksi manusia maupun hewan.

Bakteri penyebab anthrax adalah Bacillus anthracis. Salah satu kerabat terdekat dari bakteri itu adalah Bacillus cereus. Bakteri ini bisa ditemukan dalam tanah di seluruh dunia. Bakteri yang satu ini biasanya tak pernah berdampak buruk. Anehnya, di Afrika bakteri ini telah bermutasi menjadi sangat jahat.

Peneliti telah mengambil sampel bakteri ini pada seekor kambing yang terletak di Desa Congolese. Peneliti asal Robert Koch Institute, Berlin tersebut mengisolasi bakteri yang ditemukan pada kambing sekarang. Tak hanya di situ, peneliti juga mengambil sampel pada simpanse, gorilla, dan gajah yang ditemukan mati pada hutan Kamerun, Pusat Republik Afrika, dan Pantai Gading. Apa yang mereka temukan ternyata sangat mengejutkan.

(iflscience.com)