Find Us On Social Media :

Bukan Mustahil untuk Pensiun di Usia 40-an Tahun

By Alan Kusuma, Minggu, 29 Mei 2016 | 10:00 WIB

Bukan Mustahil untuk Pensiun di Usia 40-an Tahun

Intisari-Online.com - Biasanya, orang akan pensiun di usia 50-an tahun. Tapi, bukan berarti tidak mungkin untuk pensiun di usia 40-an tahun. Dan oleh sebab itu, ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan dengn matang. Pensiun bukan berarti kita berhenti bekerja. Ada sebagian orang yang tak mau pensiun lantaran sangat mencintai pekerjaannya. Apa pun itu, 'pensiun' di sini artinya hidup sudah ada pada kondisi settle. Kita sudah tak kesulitan permasalahan uang, tak ada tunggakan, dan memiliki semua kebutuhan pokok yang diniai layak. Tidak mudah memiliki pencapaian tersebut sebelum berumur 40 tahun. Tapi sulit bukan berarti tidak bisa bukan?

1. Seperti yang Jack Ma bilang, di usiamu yang masih 20-an tahun sebaiknya bekerja di sebuah perusahaan baru. Dengan begitu kita akan mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan. Nah, pada usia 30 tahun, sebaiknya kita sudah memiliki pekerjaan yang sesuai dengan passion.

2. Kita tentu bekerja memang untuk mendapatkan uang. Uang akan digunakan untuk hidup. Tapi sudahkah kita melihat kehidupan orang lain? Jangan menatap masa depan yang lurus-lurus saja. Lihatlah lingkungan sekitar, selagi kita melangkah maju ke masa depan mungkin akan sukses saat bekerja keras. Tapi alangkah baiknya kalau kita juga ikut menyukseskan orang lain. 

3. Kitak tak semestinya melupakan kesenangan dengan berhura-hura. Bekerja terus menerus hanya akan membuat stres. Apa gunanya banyak uang tanpa mental dan fisik yang sehat? Luangkan waktu sedikit untuk teman dan keluarga serta dirimu sendiri. Ingin sukses bukan berarti kehilangan masa muda

4. Meskipun sudah berkepala tiga, bukan berarti buku tak lagi dibaca. Belajar itu tak boleh dihentikan. Selama masih bernapas, belajarlah tanpa henti dari siapa pun. Dan yang paling penting, jangan pernah 'mengkotak-kotakan' pikiranmu sehingga sulit menerima opini dan ide baru. 

5. Anda mungkin akan bahagia kalau punya banyak uang. Dengan begitu Anda bisa membantu kelurga bahkan orang-orang lain yang membutuhkan pertolonganmu. Tapi, apakah  sukses masih bisa dinikmati kalau kita sakit-sakitan dan hanya bisa berbaring di atas tempat tidur? Jaga kesehatan selagi masih muda dan memperbaiki segalan keburukannya.

6. Jangan pernah malas untuk berkenalan dengan orang lain. Karena kita tidak tahu siapa yang akan bakal membantu di masa depan, untuk mewujudkan impian. Lagi pula, selagi masih muda, perbanyaklah berdiskusi dengan orang lain. Saling bertukar ide dan pendapat akan melatih daya pikir sehingga akan menjadi lebih tajam. 

7. Jangan beli baju dan sepatu terus. Sisihkan penghasilan yang didapat untuk membeli sebuah tempat tinggal yang layak dan nyaman. Kita tentu tak mau, kan terus 'menumpang' dengan orangtua bukan? Alangkah baiknya kalau kita sudah punya tempat tinggal sendiri sebelum usia 30 tahun. 

8. Masih bingung apa artinya finansial yang sehat? Ya, untuk bisa berinvestasi dan tak pusing memikirkan keuangan, kita harus memastikan kesehatan finansial. Ketentuannya sangat sederhana. Finansial yang sehat itu tanpa utang. Jadi, segera bebaskan dirimu dari utang-utang yang ada. 

9. Setiap orang pasti punya definisi sukses yang berbeda. Tapi, ada beberapa hal penting yang memang sudah menjadi standar ukuran kesuksesan seseorang. Tak masalah kalau kita berpikir kesuksesan bukan perkara uang. Tapi paling tidak, cobalah untuk menjadi orang berguna dan menginspirasi banyak orang. 

(berbagai sumber)