Find Us On Social Media :

Demi Masa Depan, Mulailah Memikirkan Hal Ini Saat Bekerja

By Alan Kusuma, Rabu, 15 Juni 2016 | 07:00 WIB

Demi Masa Depan, Mulailah Memikirkan Hal Ini Saat Bekerja

Intisari-Online.com - Segala hal yang kita lakukan dalam hidup harus memiliki tujuan, termasuk dalam bekerja. Tapi jangan bekerja. Ada beberapa hal yang mulai harus segera dipikirkan saat bekerja jika ingin memiliki masa depan yang aman dan tentram.Budaya dan pola pikir di lingkungan sekitar membuat sebagian orang memandang pekerjaan sebagai sekadar "pekerjaan". buka karier. Mereka bekerja hanya memenuhi kewajiban yang dituntut perusahaan atau atasan. Mereka yang bekerja dari pagi hingga malam, menjalani hidup hampa bahkan cenderung membosankan. Tapi karier, ada hubungan antara keinginanmimpi, kerjasama, pembelajaran, dan penyelesaian masalah yang akhirnya menjadi tradisi yang kita jalani hingga saat sekarang.

1. Menggabungkan prinsip, kegemaran, dan bakat alami yang kita miliki merupakan cara awal yang paling mudah untuk menemukan karier yang bermakna dalam hidupmu. Gaji mungkin menjadi kebutuhan. Namun, tanpa senyawa dari tiga unsur tadi hanya akan membuat kehidupan terasa hambar. 

2. Jangan hanya karena gaji dan bonus lantas kita melakukan sebuah pekerjaan. Sebaik-baiknya karier dan tempat bekerja adalah yang membuat kita tumbuh. Artinya, harus ada proses pembelajaran dalam diri selama bekerja. 

3. Tak perlu buru-buru menemukan karier yang pas dalam hidup. Ambil secangkir kopi kemudian duduk sambil berpikir apa yang ingin kita lakukan, kalau uang bukan menjadi alasan untuk kita terus berkarya. 

4. Hasil dari pekerjaan yang meningkatkan keuntungan dari segi keuangan bagi perusahaan memang akan mendapat apresiasi yang baik dari kantor. Tapi akan lebih bahagia lagi kalau karya yang terlahir dari kerja keras kita juga ikut memberikan solusi terutama bagi masyarakat luas.

5. Tidak menjadi persoalana ketika kita belum menemukan 'wadah' yang pas bagi ide dan mimpi-mimpi kita. Suatu saat nanti, kita akan menemukannya. Bahkan, bukan hanya sepasang mata yang menitikkan bulir kebahagiaan yang membasahi pipi dan bahkan lengan yang bergoyang untuk bertepuk tangan sebagai buah dari hasil karya yang kita hasilkan.

6. Tumbuhlah bersama perusahaan. Artinya, jangan ada perhitungan saat bekerja. Tujuan perusahaan jadikanlah sebagai sebuah tujuan untuk menuju jalan keberhasilan.

7. Menghentikan langkah sama saja membunuh bunga mimpi yang masih dalam proses pemekaran. Meski jatuh dan terpuruk berulang kali, bangkitlah dengan semangat yang lebih membara. 

8. Karier layaknya seperti mimpi. Karena karier itu dibangun bukan hanya sekadar dipikirkan. Luangkan waktu selagi masih muda. Bersenang-senang memang perlu, tapi ingat kembali mimpi yang masih belum terwujud sepenuhnya.