Find Us On Social Media :

11 Hal Ini akan Menjadikan Kita Sebagai Karyawan yang Buruk (1)

By Monalisa Darwin D, Rabu, 15 Juni 2016 | 15:20 WIB

11 Hal Ini akan Menjadikan Kita Sebagai Karyawan yang Buruk (1)

Intisari-Online.com - Bekerja sebagai karyawan tidak hanya dituntut menyelesaikan tugas tepat waktu, namun kita juga harus membangun hubungan baik di tempat kerja, lebih peduli, berinisiatif, dan bekerjasama memajukan perusahaan. Sikap dan sifat positif harus dipelihara dan harus diketahui bahwa 11 hal berikut ini akan menjadikan kita sebagai karyawan yang buruk:

1. Bergosip

Setiap tempat kerja pasti memiliki gosip dan rumor, namun karyawan yang baik akan mengabaikannya dan tidak ikut bergosip. Karyawan yang buruk akan menikmati kesempatan bergosip, dengan ikut membicarakan apapun terkait masalah perusahaan dan rekan kerja lainnya. Jadikanlah diri kita sebagai karyawan yang baik dan menghindari pembicaraan tidak penting di tempat kerja, yang juga akan melindungi diri kita dari masalah yang terkait.

2. Tidak pernah tepat waktu

Beberapa menganggap tidak tepat waktu atau terlambat adalah sikap terburuk, termasuk dalam dunia kerja. Entah itu terlambat masuk kerja atau terlambat dalam pertemuan, semua akan membuat kita mendapatkan cap yang jelek. Jika memiliki manajemen waktu yang buruk, kita harus segera mengubahnya dan tidak ada alasan macet untuk terlambat masuk kerja. Saat ini kita juga sudah bisa memanfaatkan berbagai aplikasi di smartphone untuk pengaturan waktu atau jadwal.

3. Terlalu banyak mengeluh

Hampir semua orang yang bekerja akan mengeluh tentang pekerjaannya. Namun, terus mengeluh tidak akan memperbaiki keadaan apalagi menyelesaikan masalah. Coba lihat semua masalah yang dialami dan temukan akarnya. Jika terjadi masalah dengan rekan kerja, bicarakanlah terlebih dulu untuk membuat suasana tenang kembali. Mengeluh hanya akan membuat diri kita terus merasa buruk dan tidak dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

4. Tidak mau melakukan pekerjaan di luar dari ‘job desk’

Tak sedikit orang yang tidak mau melakukan pekerjaan di luar dari job desk mereka. Saat ini nyatanya banyak perusahaan yang memang meminta karyawannya untuk ikut terlibat dalam pekerjaan lain di luar dari job desk, karena juga kemajuan teknologi. Selagi bisa dan tidak menganggu pekerjaan utama, tak ada salahnya untuk menerima serta membantu pekerjaan di luar job desk untuk kepentingan bersama. Paling tidak, ini akan menunjukkan sikap peduli kita terhadap perusahaan, yang selanjutnya akan menguntungkan diri kita sendiri.

5. Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bersantai

Selalu ada gangguan untuk menunda pekerjaan, salah satunya internet. Kita sering tergoda untuk berselancar dengan internet hingga lupa waktu, misalnya berbelanja online, membuka media sosial, dan lainnya. Tahan diri dan lakukanlah lebih dulu pekerjaan kita agar lebih produktif dan menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

6. Mengambil penghargaan orang lain yang menyelesaikan pekerjaannya

Beberapa karyawan dapat melakukan hal ini, dimana mereka mengambil penghargaan atas rekan kerjanya yang lain yang telah menyelesaikan proyek atau pekerjaan. Ketika melakukan ini, kita akan menjadi seorang yang tidak dipercaya lagi. Rekan kerja akan cenderung tidak mau bekerjasama dengan kita, sulit berkomunikasi, hingga menciptakan suasana yang tidak menyenangkan di lingkungan tempat kerja. Jika ingin mendapatkan penghargaan, bekerja dan selesaikanlah setiap tanggung jawab dengan baik.