Find Us On Social Media :

11 Hal Ini akan Menjadikan Kita Sebagai Karyawan yang Buruk (2)

By Monalisa Darwin D, Rabu, 15 Juni 2016 | 15:40 WIB

11 Hal Ini akan Menjadikan Kita Sebagai Karyawan yang Buruk (2)

Intisari-Online.com - Bekerja sebagai karyawan tidak hanya dituntut menyelesaikan tugas tepat waktu, namun kita juga harus membangun hubungan baik di tempat kerja, lebih peduli, berinisiatif, dan bekerjasama memajukan perusahaan. Sikap dan sifat positif harus dipelihara dan harus diketahui bahwa 11 hal berikut ini akan menjadikan kita sebagai karyawan yang buruk:

7. Menyalahgunakan hari sakit

Salah satu alasan yang paling sering digunakan dan dapat diterima oleh perusahaan untuk karyawannya yang tidak masuk kerja adalah sakit. Ketika kita menyalahgunakan hari sakit, maka seharusnya kita malu pada diri sendiri. Jika kita ketahuan melakukan penyalahgunaan, maka selanjutnya kita akan tidak dipercaya lagi.

8. Membuat banyak kesalahan

Dalam dunia kerja, jika kita terlalu sering melakukan kesalahan apalagi kesalahan dasar atau teknis, maka ini menunjukkan kualitas buruk pada diri kita. Perbaikilah setiap kesalahan yang dibuat agar kita juga meningkatkan kualitas diri sendiri. Selain kesalahan pada pekerjaan yang dilakukan, kesalahan sifat dan sikap diri juga harus diubah, misalnya cara bicara dan cara berpakaian.

9. Mengumpat atau memaki

Apa yang dikatakan menunjukkan siapa kita. Di tempat kerja, omongan harus benar-benar dijaga, di mana menunjukkan profesionalitas kita. Mengumpat atau memaki adalah salah satu hal yang paling tidak boleh dilakukan selama berhadapan dengan klien, tamu, rekan kerja, atasan, dan lainnya. Lawan bicara akan merasa tidak nyaman ketika kita melakukan hal tersebut dan pada akhirnya akan merugikan diri sendiri serta membuat citra yang buruk untuk kepribadian kita.

10. Mencuri

Sedikit atau sekecil apapun nilai yang kita ambil di tempat kerja, itu tetaplah mencuri. Jika tidak dibiarkan, tindakan ini akan menjadi kebiasaan yang tentunya membuat kita menjadi seorang karyawan yang buruk. Bahkan, kebiasaan ini dapat meluas hingga ke lingkungan yang lainnya.

11. Tidak proaktif

Karyawan yang baik akan berinisiatif untuk menyelesaikan masalah atau membantu pekerjaan perusahaan tanpa diminta. Ini termasuk memberikan ide-ide baru untuk kemajuan perusahaan. Sebaliknya, karyawan yang buruk hanya terus menunggu perintah dan tidak melakukan apapun sampai diberikan tugas.