Find Us On Social Media :

Tak Perlu Resign untuk Menemukan Passion dalam Pekerjaan (2)

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 18 Juni 2016 | 14:40 WIB

Tak Perlu Resign untuk Menemukan Passion dalam Pekerjaan (2)

Intisari-Online.com - Tak pelu resign untuk menemukan passion dalam sebuah pekerjaan. Selama ini, banyak orang keluar dari pekerjaannya karena alasan tidak passion-nya yang ternyata ada di pekerjaan lain. Pendeknya, passion selalu berbanding lurus dengan resign.

“Ketika saya berbicara soal ‘cari passion kamu’, banyak orang yang langsung panik dan mencari-cari alasan tentang bagaimana mereka tidak bisa resign dari pekerjaannya,” ujar Dedy Dahlan, passion coach dan seorang penulis buku.

Menurutnya, passion sebenarnya selalu ada dalam banyak unsur pekerjaan di kantor, selama kita bisa menemukannya. Berikut beberapa kisah-kisah sederhana seseorang menemukan passion-nya di kantor:

Pada rekan kerja dan kerja sama tim

Saat Shandi sendirian di kantor, ia nggak pernah bisa tahu apa passion-nya, apa yang ia suka, dan apa yang bisa membuatnya bersemangat. Ia selalu kerja setengah hati dan sedikit ogah- ogahan. Tapi setiap ia meluangkan waktu untuk nongkrong bersama teman- temannya, ia jadi bersemangat!

Kegiatan team building, klub hobi bersama, dan kerja sama tim di kantor bisa membantu menemukan passion!

Di tantangan dan curhatan

Yanto sering menghadapi suatu tantangan dalam bekerja, dengan tempat kerja yang berjauhan satu sama lain dengan rekannya, membuatnya sulit bekerja sama denga mereka. Teman- temannya juga menghadapi masalah yang sama, dan sering saling curhat soal sulitnya kerjasama dan menyatukan dokumen pekerjaan saat mereka bekerja di tempat yang berjauhan.

Karena penasaran, Yanto pun melakukan pencarian lewat Google untuk menemukan solusi masalah ini. Menemukan tutorial coding, ia mencoba membuat aplikasi sederhana dengan belajar secara online, mengajukannya pada bosnya, dan menemukan passion-nya dalam desain IT!

Intinya, passion bisa ditemukan di mana saja dan dari situasinya yang bagaimana saja.

“Bila Anda bisa menemukan passion Anda dan take action seperti yang dilakukan oleh tokoh-tokoh di dalam contoh kisah di atas, Anda akan lebih menikmati pekerjaan Anda, kualitas kerja makin meningkat, dan karir Anda pun dijamin bakal terbantu karenanya,” lanjut Dedy.