Find Us On Social Media :

Ternyata Hal Terpenting yang Memotivasi Seseorang dalam Bekerja Bukanlah Uang (1)

By Lila Nathania, Minggu, 7 Agustus 2016 | 09:00 WIB

Ternyata Hal Terpenting yang Memotivasi Seseorang dalam Bekerja Bukanlah Uang (1)

Intisari-Online.com – Ketika kita berpikir tentang kerja, mungkin hal pertama yang menjadi alasan adalah uang. Namun ternyata hal terpenting yang memotivasi seseorang dalam bekerja bukanlah uang.

Ketika melihat orang yang bekerja dengan rajin atau malas, kita biasanya melihat apa motivasi mereka. Jika Anda menduga motivasi utama orang bekerja adalah uang, anggapan itu sama seklai tidak benar. Pekerjaan yang dilakukan dengan senang ternyata bukanlah pekerjaan dengan gaji terbaik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan dalam bekerja sangat dipengaruhi oleh banyak hal mulai dari makna pekerjaan, kemampuan untuk berkreasi dalam bekerja, tantangan, identitas diri, kebanggaan dalam pekerjaan, dan sebagainya. Makin cocok berbagai hal itu dengan keinginan seseorang, maka makin puaslah ia dalam pekerjaannya.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa saat hasil kerja kita makin dihargai, maka kita tak lagi perlu gaji yang tinggi. Jika setiap hasil kerja keras kita dianggap baik, maka pekerjaan yang gajinya biasa-biasa pun akan tetap memuaskan.

Begitu juga dengan  pekerjaan yang sulit. Jika kita diberi pekerjaan yang sulit dan berhasil mengerjakannya, ternyata ada sebuah kepuasan dan kebanggaan dalam diri kita. Hal inilah yang membuat kita jadi semangat dalam bekerja dan bangga. Kebanggan ini membuat kita semangat untuk terus melakukan pekerjaan yang lain sehingga gaji bukan jadi masalah utama.

Apa lagi yang memotivasi kita dalam bekerja?

(ideas.ted.com)