Penulis
Intisari-Online.com- Bekerja adalah kewajiban untuk mereka yang ingin melanjutkan hidup. Siklusnya tidak akan berbeda jauh. Datang pagi dan pulang sore. Belum lagi menangani kemacetan di kota besar seperti Jakarta. Lalu tugas-tugas dikantor yang menumpuk menjelang deadline. Untuk menangani siklus bekerja seperti itu dibutuhkan produktivitas yang tinggi. Berikut lima cara meningkatkan produktivitas dalam bekerja.
1.Sarapan dan Makan Siang
Sederhana namun susah dilakukan, itulah makan. Jangan pernah mengatakan sarapan dikantor saja. Karena peluang Anda melakukannya kecil. Tugas dikantor sudah menunggu Anda. Jangan juga mengucapkan makan siang nanti saja. Karena waktu akan berlalu sampai sore.
Laura Stack, penulis buku Doing the Right Things Right:How the Effective Executive Spends Time berkata, “Anda tidak bisa benar-benar bekerja ketika memiliki sendok di tangan dan terus meraih sesuatu. Hal ini akan membuat Anda menjadi tidak produktif untuk bekerja”.
2.Membuat Daftar Kegiatan
Dalam hidup, Anda harus menentukan prioritas utama Anda. Tuliskan kegiatan yang akan Anda lakukan. Jangka panjang ataupun jangka pendek. Bisa kegiatan setiap minggu atau setiap bulan.
Charles Duhigg, penulis buku Smarter Better Faster: The Secrets of Being Productive in Life and Business berkata, “Sebaiknya tugas sehari-hari lebih spesifik, terukur, realistis, dan memiliki jadwal agar bisa dicapai”.
3.Berikan Waktu Untuk Diri Sendiri
Jangan paksa diri Anda melakukan hal yang tidak Anda sukai. Bahkan untuk bekerja sekalipun. Berikan waktu khusus kepada diri Anda sendiri untuk bersantai. Jika wanita bisa ke salon atau tempat perawatan lainnya. Kalau pria bisa melakukan hobbi Anda.
Kevin Kruse, penulis buku 15 Secrets Successful People Know About Time Management berkata, “Anda bisa mengambil 50 menit waktu bekerja dan 10 menit untuk beristirahat. Dengan begitu Anda bisa bekerja dan beristirahat sekaligus”.
4.Mengerjakan Tugas yang Anda Pikirkan
Kerjakan tugas yang Anda sudah pikirkan sejak semalam. Atau kerjakan apa yang Anda sukai di awal. Karena dengan begitu, pekerjaan lainnya akan terasa lebih mudah. Jangan mencoba memulai dengan yang paling sulit.
David Allen, penulis buku Getting Thins Done: The Art of Stress-Free Productivity berkata, “Idealnya Anda harus mulai dengan mengatasi hal yang paling penyita perhatian Anda. Seringkali”.
5.Minum Kopi Hanya Pada Saat Tertentu
Sejati kopi dibutuhkan ketika Anda sedang lembur dan butuh kafeein. Tapi efek lainnya Anda malah akan merasa lelah. Minumlah kopi hanya pada saat tertentu. Jangan terlalu sering.
Chris Bailey, penulis buku The Productivity Project berkata, “Kafein memang solusi paling instan untuk menjaga energi, tapi jangan terlalu sering. Simpan kopi Anda saat tugas yang paling berat”.(kompas.com)