Penulis
Intisari-Online.com- Kecanggihan teknologi sudah sangat membantu masyarakat. Salah satunya untuk para pencari kerja. Sekarang, jobs seeker tidak harus berkeliling kota untuk memberikan CVnya kepada perusahaan. Dengan bantuan email, lamaran kerja semakin mudah. Tapi sayangnya teknologi ini tidak dibantu oleh komunikasi yang baik.
Kebiasaan anak muda zaman sekarang yang lebih menggunakan bahasa singkat membuatnya seenaknya mengirim lamaran kerja via email. Padahal e-mail yang sudah sempurna saja masih belum dilirik HRD, apalagi email yang berantakan. Karenanya, kami akan memberikan tips-tips mengirim lamaran kerja dengan baik via email.
Pertama, isi subject email. Sepele tapi sangat terlihat jelas. HRD akan melihat apa jenis email Anda. Jika subject email kosong, bukan tidak mungkin email Anda akan langsung dihapus. Tuliskan apa tujuan Anda. Lamaran kerjakah, magangkah, atau yang lain. Jika lamaran kerja masukan juga posisi yang Anda inginkan. Contoh: Lamaran Kerja – Posisi: Admin.
Kedua, salam pembuka. Seperti halnya masuk ke rumah orang, Anda harus mengucapkan salam. Jika kepada kepada perusahaan, tulislah nama lengkap perusahaan beserta alamatnya. Jangan lupa sebutkan nama lengkap Anda. Di dalam email, Anda bisa meletakkannya di badan email atau di cover letter Anda. Contoh: Yth. Bapak/Ibu HRD PT AADC Media. Saya (sebutin nama Anda).
Ketiga, perkenalkan diri Anda. Perusahaan tentu ingin tahu lebih banyak tentang Anda. Di sini perusahaan akan melihat sisi profesional Anda. Anda bisa memberikan nama lengkap Anda, lulusan dari universitas mana, fresh graduate atau pengalaman, dan kelebihan Anda yang sesuai dengan posisi yang diinginkan. Contoh: Perkenalkan nama saya Putri (22), saya lulusan baru dari Universitas Jakarta. Saya memahami komputer.
Keempat, gunakan foto resmi. Jangan pernah mengirim foto selfie Anda atau foto tidak resmi kepada perusahaan. Karena nilai profesional Anda akan kurang di mata HRD. Gunakan foto resmi pas foto dan gunakan pakaian yang resmi juga.
Kelima, salam penutup. Setelah memberikan penjelasan maksud Anda mengirim email dan informasi diri Anda, tidak ada salahnya memberikan salam penutup. Ucapan terima kasih bisa diletakkan di akhir email atau di cover letter Anda. Contoh: Hormat saya dan nama Anda.
Jangan lupa tambahan CV dan file lain seperti portofolio Anda. Ini akan menambah nilai tambahan di mata HRD. Selamat mencoba!