Find Us On Social Media :

Jangan Pernah Ceritakan 10 Hal Ini Pada HRD di Kantor Anda! (1)

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 30 Agustus 2016 | 07:30 WIB

Jangan Pernah Ceritakan 10 Hal Ini Pada HRD di Kantor Anda! (1)

Intisari-online.com—Sekalipun hubungan Anda begitu dekat dengan orang-orang di Human Resource Department (HRD) di kantor Anda, pastikanlah untuk menjaga perkataan Anda.

Bergaul dengan staf HR tidak salah, sebab mereka adalah rekan kerja Anda. Namun, pastikan sikap Anda seimbang agar pengembangan karier profesional bisa berjalan dengan baik. Jangan pernah ceritakan 10 hal ini pada mereka!

1. Anda berpartisipasi pada kegiatan yang ilegal di luar kantor

Staf HR mungkin akan tidak akan menegur Anda. Namun ia jelas akan mempertimbangkan apakah ia harus melaporkan tindakan itu atau tidak.Sekalipun tidak, pengakuan Anda itu akan mempengaruhi pemikiran pribadinya tentang Anda.

2. Anda sedang mempertimbangkan untuk resign setelah cuti melahirkan berakhir

Benar, ini adalah pembicaraan yang sangat lumrah dengan rekan. Namun tidak dengan staf HR. Bisa-bisa keberadaan Anda dalam perusahaan tersebut malah dipertimbangkan. Padahal keputusan Anda belum bulat. HR akan menganggap komitmen Anda sedang goyang dan membuat mereka berpikir untuk mencari pengganti Anda.

3. Meminta cuti dan waktu luang dari perusahaan dengan alasan yang dibuat-buat

Berbohong pada staf HR adalah pilihan yang salah. Karena kebohongan yang sebelumnya bisa jadi bumerang di masa mendatang.

4. Berbohong pada proses perekrutan

CEO Yahoo Scott Thompson meninggalkan jabatannya hanya empat bulan setelah ia dilantik. Hal itu terjadi sebab resume-nya ternyata tidak benar. Ia mengaku sebagai sarjana komputer, padahal tidak. Kebohongan di saat rekrutmen, membuatnya didepan dari perusahaan.

Jika Anda pernah melakukannya dan menyesalinya, pastikan untuk tidak memberitahukan hal ini pada staf HR.

5. Pasangan Anda kemungkinan pindah kerja ke kota lain

Promosi Anda bisa terhambat jika Anda tidak berhati-hati membukakan hal pribadi Anda pada perusahaan. Mengungkapkan kemungkinan bahwa Anda akan terpisah dengan pasangan karena pekerjaan akan membuat mereka berpikir bahwa ada kemungkinan Anda juga ikut pindah. Sehingga promosi Anda bisa saja dibatalkan.

(Jangan pula ceritakan staf HR jika Anda sedang mencari pekerjaan di luar sana.)

(psychologytoday.com)