Find Us On Social Media :

Hindari Tiga Kesalahan Finansial Berikut Selama Kuliah

By Arnaldi Nasrum, Rabu, 13 April 2016 | 11:00 WIB

Hindari Tiga Kesalahan Finansial Berikut Selama Kuliah

Intisari-Online.com - Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menunjang finansial selama menjalani masa studi di perkuliahan. Dimulai dari bekerja paruh waktu hingga mendapatkan beasiswa. Selain itu, menghemat dan memilah prioritas kebutuhan juga dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun, tidak jarang seorang mahasiswa merasa kesulitan dalam mengelola keuangannya. Makanya, hindari tiga kesalahan finansial berikut selama masih kuliah.

Terjebak dengan tagihan kartu kredit

Kartu kredit bisa saja menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan selama perkuliahan. Namun, yang selama ini terjadi adalah tidak sedikit mahasiswa yang menggunakan kartu kredit mereka secara impulsif. Ini tentu saja akan merusak perencanaan keuangan. Nah, jika memang tidak dapat terlepas dari kartu kredit, maka kita perlu menggunakannya secara bijak.

Melewatkan kesempatan beasiswa

Di berbagai perguruan tinggi, kesempatan mendapatkan beasiswa selalu ada. Baik itu yang menawarkan nilai yang besar maupun kecil. Kita perlu berkonsultasi dengan pembimbing akademik terkait ini. Biasanya kita perlu menunjukkan prestasi yang baik sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan beasiswa. Beasiswa ini tentu saja akan meringankan beban finansial selama kuliah.

Tidak memiliki rencana

Salah satu masalah yang dihadapi selama berada di perguruan tinggi adalah tidak memiliki rencana. Baik itu rencana terkait anggaran untuk perkuliahan maupun rencana untuk lulus tepat waktu. Perlu diketahui, rencana ini akan membantu membatasi pengeluaran dan menentukan berapa banyak yang kita butuhkan untuk ditabung dan dikeluarkan agar lulus tepat waktu.

(About.com)