Find Us On Social Media :

Hubungi Pihak Bank Agar Liburan Tak Membuat Saku Bolong

By Arnaldi Nasrum, Rabu, 20 April 2016 | 08:00 WIB

Hubungi Pihak Bank Agar Liburan Tak Membuat Saku Bolong

Intisari-Online.com - Salah satu agenda rutin keluarga adalah liburan. Nah, MasterCard Indonesia memberikan enam tips agar ketika berlibur, saku tak bolong kemanapun kita bepergian. Caranya adalah dengan menghubungi pihak bank.

Hal pertama yang sebaiknya kita lakukan adalah beritahu bank sebelum traveling. Misalnya, ketika hendak traveling ke luar negeri, hubungi pihak bank untuk mengaktifkan kartu kita agar dapat digunakan di luar negeri. Kita juga dapat menon-aktifkan kartu untuk penggunaan di luar negeri saat sudah kembali dari liburan.

Langkah kedua, manfaatkan perlindungan yang ditawarkan seperti gunakan kartu debit ataupun kartu kredit sebagai ganti dari uang tunai saat melakukan pembelian. Dengan kebijakan zero-liability dan transaksi yang tercatat, kita akan terlindungi dari transaksi pembayaran yang tidak sah.

Ketiga, periksa kembali catatan transaksi pembayaran secara rutin selama kita traveling. Akseslah transaksi pembayaran melalui mobile application yang dimiliki bank penerbit kartu atau melalui internet browser. Pastikan hal tersebut kita lakukan hanya melalui jaringan Wi-Fi pribadi.

Keempat, simpanlah nomor-nomor telepon penting baik lokal dan internasional yang mudah dihubungi setiap saat. Ketika kita harus melaporkan kehilangan atau pencurian, kita tahu siapa yang harus dihubungi.

Tips kelima, pastikan kita tetap waspada untuk setiap aktivitas yang mencurigakan atau perangkat yang tidak biasa di mesin ATM sebelum memasukkan kartu. Selain itu, jangan lupa untuk menutupi pin-pad dengan tangan kita saat memasukkan kode pin ATM maupun informasi rahasia lainnya.

Keenam, lindungi diri kita dengan password. Cara ini untuk memastikan informasi yang kita miliki tetap aman, gunakan password untuk melindungi ponsel, tablet serta laptop kita saat traveling.

Kita juga dapat mengatur setiap perangkat kita untuk auto-lock setelah beberapa menit tidak digunakan. Hal tersebut dapat membantu untuk menjaga informasi transaksi pembayaran maupun informasi penting lain yang berada dalam perangkat kita agar tetap aman dan terlindungi. (Kontan)