Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Bikin Hobi Jadi Bisnis?

By Monalisa Darwin D, Selasa, 3 Mei 2016 | 07:30 WIB

Bagaimana Cara Bikin Hobi Jadi Bisnis?

Intisari-Online.com - Banyak orang yang mengatakan bahwa melakukan apa yang kita cintai akan menyenangkan apalagi bisa dijadikan sumber penghasilan. Namun, orang juga kerap tidak yakin untuk bekerja sesuai dengan hobi yang mereka miliki. Lalu, bagaimana menjadikan hobi sebagai bisnis yang dapat menjamin kehidupan?

1. Ajarkan apa yang kita suka

Menyukai suatu kegiatan atau hal dan dijadikan sebagai bisnis dapat dimulai dengan cara mengajarkannya kepada orang lain, yaitu dengan membuka kursus atau kelas. Ada banyak bidang yang saat ini membuka kursus, seperti memasak, melukis, menyanyi, dan lainnya.

2. Menjual kreasi

Bagi kita yang suka berkreasi, menjual atau memasarkan produk hasil kreasi kita adalah cara tepat untuk berbisnis. Tak hanya di dalam negeri, produk bahkan bisa terjual hingga luar negeri. Ada banyak yang bisa kita kreasikan, mulai dari merajut, melukis, dan lain sebagaikan. Gunakan media online untuk membangun bisnis ini.

3. Memperluas wawasan

Menghubungkan keterampilan dan hobi akan menjadi sesuatu yang luar biasa. Misalnya, kita suka fotografi, maka jangan hanya berhenti pada pelayanan fotografi, karena kita bisa menulis buku tentang fotografi dan diterbitkan. Pikirkan banyak hal yang dapat mengembangkan bisnis dari hobi menjadi lebih luas dan berpotensi bagi kita.

4. Buat diri sebagai pusat perhatian

Mulailah dengan membuat berbagai akun media sosial dan mengenalkan nama bisnis yang akan dijalankan. Aktiflah di berbagai akun agar terhubung dengan orang banyak sambil memporomosikan apa yang akan kita jual. Ini akan membantu kita dalam melancarkan ide bisnis.

5. Harus serius

Bisnis bukan main-main. Perlu kerja keras dan menghabiskan waktu yang cukup banyak untuk membangun dan konsisten mengembangkan bisnis. Ketika berhasil membangun bisnis dari hobi meski baru sedikit, namun aka nada kesempatan lain yang lebih besar yang sudah menunggu.

Itulah bagaimana menjadikan hobi sebagai bisnis kita yang menjanjikan. Apakah Anda sudah memulai bisnis Anda?(magforwomen.com)