Find Us On Social Media :

8 Hukum Keuangan yang Membahagiakan untuk Rencana Pensiun Dini (1)

By Monalisa Darwin D, Rabu, 4 Mei 2016 | 07:00 WIB

8 Hukum Keuangan yang Membahagiakan untuk Rencana Pensiun Dini (1)

Intisari-Online.com - Keuangan harus diatur sedemikian rupa dan dipersiapkan hingga masa pensiun tiba. Wes Moss, seorang ahli keuangan mengatakan ada 8 hukum keuangan yang membahagiaan untuk rencana pensiun. Hukum keuangan ini dikumpulkan dari penelitian yang luas mengenai bukunya, yaitu “You Can Retire Sooner Than You Think”.

1. Mengganti kendaraan bermerk dengan brand Asia atau yang terkesan kuno akan lebih baik, bahkan dapat menjadi benda yang unik serta lebih berharga ketika tua nanti. Beberapa merk mobil yang mungkin “tidak membuat bahagia” dalam hal keuangan adalah BMW, Dodge, Kia, Mercury, dan Chrysler.

2. Bermain saham di pasaran harus dipikirkan beberapa kali. Setelah pensiun mungkin sebagian dari kita memiliki cukup banyak waktu untuk bermain investasi, termasuk pada saham. Namun, ini akan membuat tidak bahagia. Sebisa mungkin, hindari ini dan memahami betul tentang bahaya terlalu mengejar sesuatu dari investasi.

3. Menjadikan uang yang dimiliki untuk tujuan yang jelas dan bermanfaat. Carilah alasan tentang hal apa yang disukai dan lakukan kontribusi terhadap uang yang dimiliki. Pensiunan yang bahagia tidak hanya tentang berapa banyak uang yang dimiliki, tapi apa yang dilakukan dengan uang itu. Buatlah perhitungan uang, kemudian misalnya lakukan perjalanan dunia tau memberikannya sebagai sumbangan.

4. Jangan pindah atau renovasi tempat tinggal adalah hukum keuangan yang membuat bahagia pensiunan. Sebagian orang yang telah pensiun memutuskan untuk pindah atau merenovasi rumah, padalah kedua hal ini justru akan membuat pengeluaran membengkak dan menyebabkan stres. Jika keinginan pindah atau merenovasi rumah sudah sangat besar, sebaiknya lakukan sebelum pensiun.