Find Us On Social Media :

5 Langkah Tentukan Tujuan Keuangan

By Ade Sulaeman, Senin, 9 Mei 2016 | 12:00 WIB

5 Langkah Tentukan Tujuan Keuangan

Intisari-Online.com – Uang, jika tidak dikendalikan bisa dengan mudahnya mengalir, digunakan untuk hal-hal yang mungkin tidak kita benar-benar butuhkan. Untuk itulah kita harus belajar menentukan tujuan keuangan kita.

Selain bisa mengatasi ‘kebocoran’ keuangan, memiliki tujuan keuangan juga penting agar kita dapat menyisihkan uang untuk kebutuhan di masa depan.

Berikut ini lima langkah menentukan tujuan keuangan:

1.    Buatlah Daftar Tujuan Keuangan

Tentu saja, membuat tujuan keuangan harus menjadi langkah pertama yang Anda lakukan sebelum menyusun secara lebih rinci mengenai pembelanjaan yang akan Anda lakukan. Pertimbangan pendapatan Anda dan alokasikan ke dalam kebutuhan prioritas lebih dulu.

Beberapa kebutuhan prioritas tersebut seperti menikah, membeli tanah atau rumah, melakukan investasi, hingga menyiapkan dana untuk pendidikan anak.

Pembuatan daftar tujuan keuangan tidak hanya harus mendahulukan yang menjadi prioritas namun juga kebutuhan yang mendesak. Ingat, daftar tujuan keuangan Anda harus diprioritaskan untuk kebutuhan hidup, bukan untuk keinginan pribadi.

2.    Sadari Motivasi Anda

Buatlah motivasi yang mendorong dan menyemangati Anda untuk memenuhi tujuan keuangan. Hal ini bisa Anda temukan dari mengetahui mimpi apa yang ingin Anda capai.

Semakin jelas mimpi tersebut dan semakin Anda menginginkan mimpi tersebut terwujud, maka akan lebih mudah dalam menemukan motivasi yang bisa mendorong Anda lebih giat dan disiplin dalam mendapatkan dan mengelola keuangan.

Misalkan tujuan tersebut adalah ingin menikah dalam jangka waktu 5 tahun atau Anda ingin memiliki tabungan maupun investasi yang bisa menopang kebutuhan hidup Anda ketika pensiun kelak.

3.    Susun Tujuan Keuangan