Find Us On Social Media :

8 Tanda Anda Harus Mengubah Cara Pengelolaan Keuangan Anda (1)

By Monalisa Darwin D, Jumat, 20 Mei 2016 | 07:00 WIB

8 Tanda Anda Harus Mengubah Cara Pengelolaan Keuangan Anda (1)

Intisari-Online.com - Beberapa orang memang mampu mengelola keuangan dengan cara yang tepat, baik dalam perencanaan hingga tabungan. Jika Anda belum sampai pada titik tersebut, mungkin ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dan, inilah 8 tanda Anda harus mengubah cara pengelolaan keuangan Anda:

1. Mengandalkan kartu kredit

Kartu kredit memang sering digunakan dalam keadaan darurat, namun ketika Anda menemukan diri bahwa selalu mengandalkan kartu kredit dalam setiap kesempatan, maka Anda harus segera mengubah cara pengelolaan keuangan. Kartu kredit hanya akan membuat utang terus-menerus. Langkah awal yang harus dilakukan adalah mulai membuat daftar anggaran. Ini dapat membantu Anda mengindentifikasi anggaran mana yang penting dan tidak. Mulailah dari sekarang.

2. Terlambat membayar tagihan

Sebagian orang lupa membayar tagihannya secara tepat waktu, entah itu tagihan listrik, pulsa, dan lainnya. Ada dua alasan umum seseorang terlambat membayar tagihan, yang pertama karena lupa dan ini dapat diatasi dengan rutin membuat pengingat tentang segala bentuk tagihan. Yang kedua adalah Anda tidak memiliki uang untuk membayar tagihan tepat wakti dan yang harus dilakukan pada kondisi adalah membuat rencana keuangan yang matang agar dapat membantu membayar semua tagihan dengan tepat waktu.

3. Selalu khawatir tentang uang, terutama saat akan tidur malam

Hampir setiap hari terjaga karena memikirkan uang sepanjang malam menjadi tanda Anda perlu mengubah pengelolaan keuangan Anda. Luangkan waktu untuk membuat perubahan serta menyusun perencanaan tentang keuangan agar dapat tidur dengan nyenyak

4. Utang yang banyak

Memiliki utang yang banyak hanya akan membuat keuangan semakin kacau. Cobalah untuk mengontrol situasi yang Anda hadapi serta mengubah perencanaan keuangan Anda. Ada banyak pilihan buku yang bisa dijadikan referensi untuk mengatur keuangan dan lepas dari masalah utang. Yang nyata adalah bekerja keras dan disiplin untuk dapat jauh dari utang.