Find Us On Social Media :

Lima Cara Mudah Mendapatkan Kredit Modal Usaha

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 15 Juni 2016 | 15:00 WIB

Lima Cara Mudah Mendapatkan Kredit Modal Usaha

Intisari-Online.com - Sulit mendapatkan pekerjaan, berwirausahalah! Namun, kebutuhan terhadap modal kadang kala menjadi salah satu permasalahan awal sebelum kita memulai kegiatan ini. Untuk menyiasatinya, meminjam dana kredit modal usaha ke bank adalah mungkin menjadi salah satu jawabannya.

Meski demikian, ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan jika ingin mendapatkan kredit modal usaha dari bank.

Salah satu faktor yang membuat proposal peminjaman modal usaha ditolak adalah karena pihak Bank merasa usaha yang akan kita bangun belum teruji keberhasilannya. Apabila kita mendapatkan dana tersebut namun usaha yang dijalankan tidak berjalan baik, hal ini bisa mengakibatkan kerugian pada kedua belah pihak. 

Oleh karena itu, cobalah untuk membuat usaha dari sekecil dan sedini mungkin. Buatlah kerangka usaha terlebih dahulu. Hal ini bisa menjadi modal yang baik sebelum kita mengajukan proposal peminjaman kredit modal usaha ke suatu bank.

Setelah membuat usaha dari skala kecil, hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah dengan membuat laporan keuangan serapi dan sejelas mungkin. Hal ini bisa menjadi gambaran dan acuan untuk pihak bank dalam melihat prospek usaha yang kita tawarkan.

Hal ini pun menjadi faktor penting lainnya yang bisa membantu kita berhasil dalam meminjam dana kredit modal usaha. Laporan keuangan ini pun berfungsi sangat baik bagi Anda untuk perkembangan usaha kedepannya. Dengan begitu, pemasukan dan pengeluaran usaha akan tercatat dengan lebih jelas.

Kebiasaan menggunakan satu jenis rekening untuk uang pribadi dan uang usaha adalah kebiasaan yang sangat buruk, terutama bagi kita yang baru saja memulai usaha tersebut. Dengan melakukan kebiasaan ini, kita tidak bisa mencatat dengan jelas berapa pemasukan dan juga pengeluaran rutin yang dilakukan oleh jenis usaha. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, cobalah untuk membuat dua jenis rekening.

 

Kini, Bank Indonesia telah memiliki teknologi Sistem Informasi Debitur (SID) di mana data setiap orang yang pernah melakukan kredit akan terekam dengan baik di sana dan bisa diakses oleh setiap Bank. Tentu saja bagi kita yang memiliki riwayat buruk dalam melakukan pinjaman kredit akan menjadi sebuah alasan dari Bank untuk menolak proposal pinjaman kredit modal usaha yang kita ajukan.