Find Us On Social Media :

Ramadhan Berapa Hari Lagi Ya? Begini Tradisi Menyambut Ramadhan di Negara Arab Saudi

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 20 Maret 2022 | 06:30 WIB

(Ilustrasi) Ramadhan berapa hari lagi? Ini tradisi Ramadhan di Arab Saudi

Intisari-Online.com – Umat muslim sebentar lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah, Ramadhan berapa hari lagi?

Kebanyakan pun umat muslim menghitung Ramadhan berapa hari lagi, untuk mempersiapkan segalanya, mulai diri sendiri agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan lancar.

Untuk menjawab pertanyaan Ramadhan berapa hari lagi, kita bisa melihat dari penetapan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang menetapkan awal puasa Ramadhan 1443 Hijriyah.

Tercantum pada Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H, yang ditandatangani oleh Prof. Haedar Nashir selalu Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Agung Danarto selaku Sekretaris.

Dalam maklumat tersebut ditetapkan bahwa awal puasa Ramadhan 1443 H, jatuh pada Sabtu, 2 April 2022.

Umat Islam yang mengikuti hasil perhitungan dengan menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal ini akan memulai puasa Ramadhan pada 2 April 2022 dan Idul Fitri 1 Syawal 1443 H jatuh pada 2 Mei 2022.

Sementara itu, Nahdlatul Ulama (NU) dan pemerintah atau Kementerian Agama (Kemenag) belum memaparkan pelaksanaan rukyatul hilal atau menggelar sidang isbat.

Pada dasarnya, jadwal puasa Ramadhan tahun 2022 tidak akan jauh berbeda dari ketiganya.

Baca Juga: Mari Kita Hitung, Ramadhan Berapa Hari Lagi, Perhatikan Begini Trik Jalani Puasa bagi Pengidap Asam Lambung

 Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 Yogyakarta, Lengkap Jadwal Berbuka Puasa dan Shalat 5 Waktu

Lalu, Ramadhan berapa hari lagi?

Mengingat puasa Ramadhan dimulai pada Sabtu, 2 April 2022, itu berartu umat Islam bisa menghitung Ramadhan berapa hari lagi,  dimulai dari hari ini, sekitar 13 hari lagi.