Find Us On Social Media :

Ini Adalah 4 Modal Jika Ingin Menjadi Pengusaha Sukses

By Bramantyo Indirawan, Kamis, 30 Juni 2016 | 10:00 WIB

Ini Adalah 4 Modal Jika Ingin Menjadi Pengusaha Sukses

Intisari-Online.com – Menjadi pengusaha menjadi keinginan banyak orang. Tidak sedikit dari mereka yang mencoba membangun sebuah usaha dan menjalankannya melalui industrinya masing-masing. Dalam perjalanannya ada yang sukses dan juga yang mengalami kegagalan.

Melalui “modal” yang mengacu pada bekal dan latar belakang kita, mari kita lihat syarat untuk menjadi pengusaha sukses. Apa saja kualifikasi tersebut? Berikut adalah 4 “modal” yang diperlukan jika ingin menjadi pengusaha sukses.

1. Memiliki koneksi yang baik

Mayoritas perusahaan startup dibuat oleh mantan bankir yang disertai dengan koneksi mendalam. Reuters.com menyatakan hasil data tersebut yang dilakukan di Amerika Serikat (AS). Pemodal kapital sendiri memilih untuk dikenalkan oleh para penemu perusahaan melalui koneksi mereka sendiri. Ekosistem diciptakan dimana para bankir, investor, dan modal kapital dapat membangun jaringan dan menjalankan startup mereka.

Lantas koneksi tersebut berasal darimana? Menariknya mereka berasal dari universitas ternama apabila kita mengacu pada AS. Para alumni dari Harvard, Massachussets Institute of Technology (MIT), dan Yale memiliki kebiasaan akan bekerja di bank-bank terbaik, firma modal kapitas, dan perusahaan ternama lainnya seperti Google. Di berbagai perusahaan tersebut lah mereka membangun hubungan dan koneksi dengan orang-orang yang berkuasa.

2. Kekayaan

Memiliki koneksi baik biasanya dilengkapi oleh kekayaan kita. Banyak pengusaha sukses yang dapat dilacak dari keluarga kaya mereka. Para penemu yang memiliki latar belakang kaya dapat mudah bergerak pada awal memulai usaha karena memiliki akses keuangan lebih.

3. Bakat

Ya, kekayaan dan koneksi baik ternyata tidak bisa selalu menjamin kesuksesan. Bakat dapat menjadi “modal” kita untuk menjadi pengusaha sukses. Brit Morin sebagai penemu Brit & Co menjadi contoh baik apabila kita melihat bakat seseorang. Sedangkan muncul juga pria jenius seperti Bill Gates yang memiliki bakat hingga melahirkan perusahaan Microsoft. Akan tetapi perlu dicatat bahwa ia juga memilik latar belakang kaya yang mengantarkannya ke kesempatan-kesempatan berupa koneksi.

4. Pekerja keras

Apabila kita mengacu kepada Silicon Valley sebagai tempat para pengusaha yang membuat berbagai perusahaan startup, muncul para pekerja keras seperti Brit Morin. Muncul beberapa orang yang tidak memerlukan kekayaan dan koneksi untuk menjadi pengusaha sukses.

Menurut onstartups.com, kurang dari 1% statistik dalam pengusaha startup berasal dari mereka yang kaya raya dan memiliki keuangan buruk. Hal tersebut menunjukkan bagaimana kerja keras dapat mengantarkan kita menuju mimpi kita untuk menjadi pengusaha sukses tidak peduli dengan latar belakang kekayaannya. Apakah Anda memiliki “modal” di atas?

(asia.finance)