Find Us On Social Media :

Ini Dia 12 Solusi Bijak Agar Tidak Terjebak dalam Kesulitan Keuangan (2)

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 5 Juli 2016 | 12:30 WIB

Ini Dia 12 Solusi Bijak Agar Tidak Terjebak dalam Kesulitan Keuangan (2)

Intisari-Online.com — Jangan menganggap bahwa mengatur anggaran merupakan satu-satunya cara sukses untuk mengatur keuangan. Nah karena itu, coba simak 12 solusi bijak agar kita semakin bijak dalam mengatur keuangan:

7. Jangan diam-diam mengeluarkan uang tanpa sepengetahuan pasangan Anda

Kebijaksanaan dalam pengaturan keuangan keluarga juga amat menentukan pengelolaan keuangan. Jika sudah ada kesepakatan dengan pasangan, jangan sekali-kali menggunakan uang tanpa diketahui olehnya. Tidak hanya keuangan Anda yang akan hancur, hubungan Anda juga.

8. Jangan samakan bersenang-senang dengan menghabiskan uang

Tidak semua hal yang menyenangkan pasti mengeluarkan uang. Tanamkan pada diri Anda bahwa bersenang-senang tetap bisa dilakukan walaupun tanpa uang.

9. Hindari pembelian mendadak

Jika ada sesuatu yang benar-benar ingin Anda beli, pikirkan hal tersebut setidaknya selama seminggu. Jika Anda tetap menginginkannya setelah satu minggu, barulah Anda membelinya. Itupun jika Anda memiliki anggaran khusus untuk itu.

10. Jika Anda mampu tidak perlu membayar orang untuk memperbaiki hal-hal kecil di rumah

Ketimbang membayar tukang genteng untuk memperbaiki sedikit kerusakan di atap Anda, lebih baik mengerjakan itu sendiri. Termasuk juga misalnya tukang kebun dan buruh cuci. Jika Anda mampu melakukannya sendiri, lakukanlah hal tersebut sendiri.

11. Investasi untuk masa depan

Gunakan kelebihan uang Anda atau anggaran dana khusus untuk investasi masa depan.

12. Jangan percaya pihak ketiga untuk setiap keputusan finansial Anda

Andalah yang berhak untuk mengatur keuangan Anda sendiri. Bukan orang lain. Rencana dan tujuan keuangan Anda sebaiknya dipegang oleh Anda sendiri.

(aboutmoney.com)