Find Us On Social Media :

Ini Dia 12 Solusi Bijak Agar Tidak Terjebak dalam Kesulitan Keuangan (1)

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 5 Juli 2016 | 12:00 WIB

Ini Dia 12 Solusi Bijak Agar Tidak Terjebak dalam Kesulitan Keuangan (1)

Intisari-Online.com — Jangan menganggap bahwa mengatur anggaran merupakan satu-satunya cara sukses untuk mengatur keuangan. Nah karena itu, coba simak 12 solusi bijak agar kita semakin bijak dalam mengatur keuangan:

1. Setiap kali ada kenaikan gaji, simpan dan investasikanlah uang itu

Kebanyakan orang mengubah gaya hidupnya ketika memiliki pendapatan yang lebih tinggi. Padahal dengan mempertahankan gaya hidup lama pun sebenarnya ia masih bisa bertahan.

Ketimbang mengubah gaya hidup ketika pendapatan meningkat, lebih baik menabung dan menginvestasikan selisih kenaikan gaji tersebut.

2. Teruskan dan pertahankan gaya hidup

Jika Anda hidup jauh dari kata hemat dan sering terlilit utang, kemungkinan hal itu disebabkan karena Anda tidak menyesuaikan keuangan dengan gaya hidup.  Pertahankan gaya hidup yang sesuai dengan kantong Anda dan peliharalah hal tersebut agar tidak berubah.

3. Praktikkan beberapa mode anggaran

Bahkan ketika Anda harus mempraktikkan perencanaan keuangan yang paling dasar, upayakanlah untuk terus membuat anggaran.

4. Jangan menggunakan kartu kredit jika Anda memang tidak bisa membayarnya

Faktanya, jika Anda merasa belum tentu mampu membayar tagihan kartu kredit, jangan coba-coba membeli barang tanpa perencanaan. Jika tidak terlalu dibutuhkan, maka kartu kredit bukanlah pilihan yang bijak.

5. Bersabar

Jika Anda ingin membeli sebuah barang, mulailah menabung dan miliki rasa sabar untuk pemenuhan barang tersebut. Jangan terburu-buru membeli di saat Anda benar-benar menginginkan sesuatu.