Find Us On Social Media :

Inilah 6 Kesalahan yang Membuat Anda Selalu Gagal Mengatur Keuangan

By Tika Anggreni Purba, Sabtu, 9 Juli 2016 | 12:00 WIB

Inilah 6 Kesalahan yang Membuat Anda Selalu Gagal Mengatur Keuangan

Intisari-Online.com — Kunci terbaik untuk berhasil dalam mengelola keuangan dan meraih kesuksesan finansial adalah dengan mengubah cara pandang Anda mengenai uang!

Jika cara pandang atau pola pikir kita mengenai uang tidak benar, kita pasti sering mengalami kegagalan dalam mengatur uang tersebut. Karena itu cobalah untuk mengubah cara pandang Anda sekarang juga dengan berhenti melakukan enam kesalahan ini:

1. Hidup hanya untuk hari ini

Membuat keuangan menjadi stabil akan menjadi sulit jika Anda hanya fokus pada apa yang terjadi di masa kini dan apa yang Anda inginkan saat ini. Benar, akan lebih cepat untuk membeli kopi ketimbang membuatnya sendiri di rumah. Namun uang untuk segelas kopi yang Anda beli, sebenarnya bisa menjadi tabungan untuk membeli hal lain.

Ponsel seri terbaru mungkin memanggil-manggil agar Anda membelinya. Namun jika Anda rela untuk mempertahankan ponsel Anda yang sekarang, Anda bisa menyimpan uang itu untuk kebutuhan darurat kelak.

2. Terlalu hemat dan sederhana

Menjadi hemat memang hebat, namun bukan berarti Anda hanya membeli semua barang murahan. Jangan hanya fokus pada harga benda tersebut, namun juga kualitas dan nilainya.

Perhatikan kualitas ketahanannya dan juga kebutuhan Anda. Perlu juga diingat bahwa tujuan Anda menghemat adalah untuk kepentingan di masa mendatang, entah itu perawatan kesehatan ataupun investasi.

3. Hidup tidak sesuai dengan kemampuan finansial

Kartu kredit mungkin membantu Anda untuk membeli barang-barang yang diinginkan. Namun ingatlah pula bahwa hal ini juga membelenggu Anda. Berhentilah mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda layak untuk memiliki semua barang yang sebenarnya tidak mampu Anda beli.

4. Menghabiskan uang dengan sangat cepat

Sebanyak apapun uang yang Anda kumpulkan jika Anda tidak pernah tahu kemana uang itu pergi, sama saja Anda tidak punya kendali akan uang. Jika Anda tidak punya anggaran pribadi, segeralah untuk membuatnya. Seperti mempersiapka danan darurat dan asuransi.