Find Us On Social Media :

Ingin Membuat Hostel? Ikuti 6 Langkah Ini (2)

By Bramantyo Indirawan, Rabu, 31 Agustus 2016 | 06:30 WIB

Ingin Membuat Hostel? Ikuti 6 Langkah Ini (2)

Intisari-Online.com – Melihat Indonesia menarik ribuan hingga ratusan ribu turis asing tiap bulannya, hostel menjadi salah satu bisnis penginapan yang tepat untuk meraih peluang keuntungan itu. Berikut adalah lima langkah yang melanjutkan artikel sebelumnya apabila Anda ingin menjalankan bisnis Hostel.  

4. Puaskan pelanggan

Ya, berikan tawaran-tawaran menarik untuk pelanggan yang menginap di hostel kita. Sarapan gratis menjadi saran yang baik. Sekali lagi tidak perlu yang mewah asalkan layak, berikan roti, sereal, atau kue-kue. Kemudian menyediakan minuman memberikan nilai lebih lagi, dari air mineral hingga kopi dan teh. Untuk memanfaatkan keuntungan, jangan lupa juga untuk menjual beberapa makanan dan minuman di hostel.

Selain menyediakan pamflet dan selebaran peta hingga tempat wisata, berikan tur gratis kepada pelanggan, baik jalan kaki hingga menggunakan transportasi. Kerja sama dengan perusahaan tur untuk transportasi dan pengantaran ke tempat wisata juga bisa menguntungkan bisnis Anda. Jika memiliki dana lebih, investasikan uang Anda agar memiliki bis atau transportas lainnya untuk para pelanggan.

5. Mengurus karyawan

Karyawan harus dimaksimalkan dalam fungsi dan kinerjanya. Karena turis atau pelanggan lain bisa datang kapan saja, cari karyawan yang juga bisa bekerja fleksibel atau cari pergantian piket dalam bekerja. Setiap karyawan harus memiliki kemampuan dasar dalam mengurus hostel Anda walaupun memiliki keterangan pekerjaan masing-masing.

Kebersihan juga harus dijaga sehingga pekerjakan orang yang bisa mengerjakannya dengan baik .Selain itu seajandi atas segalanya

6. Pemasaran

Setelah beberapa langkah penting untuk mendirikan hostel telah kita lakukan, kita harus menjual jasa itu dengan berbagai pemasaran yang tepat untuk konsumen. Sebagai permulaan, buat sebuah website agar pengunjung mendapatkan gambaran umum terhapap hostel kita. Apabila ada uang lebih, kerjasama untuk menaruh iklan di internet dapar memberikan efek signifikan.

Atau cara yang sejak dahulu dilakukan seperti penyebaran pamflet dan brosur. Baik di sekitar hingga kota tetangga, pelancong diharapkan untuk menerima infromasi tempat penginapan kita dan tertarik untuk beristirahat disana. Saran juga harus diterima dalam menjalankan bisnis ini.