Find Us On Social Media :

Sulit Menahan Keinginan Belanja, Lakukan Lima Jurus Jitu Ini

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 19 September 2016 | 12:30 WIB

Sulit Menahan Keinginan Belanja, Lakukan Lima Jurus Jitu Ini

Intisari-Online.com - Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang gemar bersenang-senang, termasuk salah satunya adalah berbelanja. Benar, manusia gemar sekali berbelanja demi menuruti kehendak hati, terlebih di era situs belanja online dan banjir diskon seperti saat ini.

Belanja sah-sah saja, tapi jika berlebihan dampaknya juga kurang bagus bagi keuangan. Lalu bagaimana cara menahan keinginan belanja yang menggebu-gebu itu?

1. Sediakan satu waktu khusus untuk belanja

Cobalah untuk menetapkan satu hari khusus untuk belanja. Jangan lupa untuk melakukan tips membuat daftar belanjaan agar Anda tahu apa saja yang boleh dibeli dan memang dibutuhkan.

Di luar hari khusus belanja, sebaiknya Anda hanya membawa uang secukupnya. Kartu kredit juga tidak perlu bawa lebih dari satu di luar hari khusus berbelanja, atau tidak perlu membawanya sama sekali. Jika Anda memutuskan untuk membawa kartu kredit, bawalah yang limitnya paling rendah untuk mencegah pemborosan.

2. Pastikan agar Anda tidak membawa kartu kredit lebih dari satu

Tip ini berlaku jika Anda punya lebih dari satu macam kartu kredit. Jika Anda membawa banyak kartu kredit, maka kemungkinan Anda untuk boros akan semakin tinggi.

Sebaiknya, Anda hanya mendedikasikan satu kartu kredit saja untuk satu jenis kategori pengeluaran saja. Membawa satu kartu kredit juga meminimalisir risiko rugi apabila dompet Anda tidak sengaja hilang.

3. Sebaiknya buatlah daftar barang yang akan dibeli

Saat menulis daftar belanja, Anda telah menanamkan kesadaran dalam diri untuk membeli barang yang Anda butuhkan saja. Anda bisa juga memanfaatkan fasilitas reminder di smartphone milikmu yang menampilkan daftar belanjaan yang telah Anda simpan. Hal ini membuat Anda lebih mudah menahan diri untuk tidak membeli barang di luar daftar belanjaan Anda.

4. Seringlah bergaul dengan teman yang kritis soal keuangan

Kalau Anda punya teman atau saudara dekat yang cukup kritis soal keuangan, maka Anda bisa ajak dia kalau sedang pergi berjalan-jalan. Anda bisa minta agar dikritik jika akan berbelanja sesuatu yang tidak perlu untuk meredam keinginan belanja Anda.