Find Us On Social Media :

Enam Cara Memanfaatkan Snapchat untuk Bisnis Kecil (2)

By Bramantyo Indirawan, Senin, 19 September 2016 | 15:00 WIB

Enam Cara Memanfaatkan Snapchat untuk Bisnis Kecil (2)

Intisari-Online.com – Snapchat adalah aplikasi media sosial yang bisa diakses telepon sejak tahun 2011 dengan saling mengirimkan video. Kita bisa mengirimkan secara personal ke orang lain dan sebaliknya. Muncul fitur lain yakni membagikan video ke feed, menunjukkan berbagai informasi berbentuk visual yang kita inginkan ke seluruh teman.

Ya, media sosial yang memiliki sekitar 100 juta pengguna ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk berusaha. Seperti yang dilansir dari Socialmediaweek.org dan sumber lainnya berikut adalah 6 cara memanfaatkan Snapchat.

4. Timbal balik dan kuis

Mencari respon dan timbal balik pelanggan di Snapchat dapat dilakukan dengan menarik interaksi mereka. Seperti pertanyaan tentang aktivitas atau produk usaha kita yang akan dijawab melalui pos selanjutnya.

Jangan lupa berikan respon dan selalu memberikan interaksi yang kreatif, dari pertanyaan hingga promosi yang diberikan apabila pengikut atau pelanggan berhasil menjawab. Gunakan alat menggambar foto atau video di Snapchat untuk menuliskan pertanyaan kita.

5. Demonstrasi produk

Tunjukkan produk kita untuk memberikan pengetahuan yang bersifat personal ke pengikut akun Snapchat kita. Apabila usaha pakaian kita bisa menunjukkan saat dipakai atau detil-detil produk yang dijual. Fakta dan kisah juga bisa menarik perhatian yang kita perlihatkan melalui Snap. Berikan inspirasi, ide, atau cerita dari pembuatna produk kita, bisa makanan, pakaian, bahkan hal lain seperti elektronik.

Memberikan fakta juga bisa lakukan melalui Snapchat sebagai penunjang situs resmi usaha. Tanya jawab atau pertanyaan umum yang biasa ditanyakan juga bisa kita tampilkan melalui foto atau video. Kita bisa memadukan informasi dan nilai dengan hiburan agar mudah dicerna hingga menarik untuk ditonton.

6. Kolaborasi dengan bisnis lain

Apabila kita kenal atau berdekatan dengan bisnis lokal atau kecil lainnya, ajak mereka untuk ditampilkan di Snapchat kita dan sebaliknya. Mereka dapat melakukan promosi hingga bercerita tentang usaha mereka dan kita juga bisa melakukan itu di akun Snapchat mereka.

Strategi ini dapat memperkenalkan usaha dan produk kita ke konsumen lain, baru, hingga yang tadinya tidak terjangkau oleh kita. Mereka yang mengikuti akun Snapchat kita juga bisa bertambah dan  mendapa ekspos lebih.

Kunci dari menggunakan Snapchat dalam berbisnis adalah untuk bersenang-senang. Memberikan momen dan berbagi kesenangan akan mengalir saat kita memeanfaatkan aplikasi sosial media ini untuk melakukan promosi hingga menunjang bisnis kita.

Hal seperti ini tentunya bisa kita terapkan juga di Indonesia dengan pengguna Snapchat yang cukup banyak. Tunggu apa lagi? Berniat memanfaatkan aplikasi menyenangkan ini untuk bisnis?