Find Us On Social Media :

8 Manfaat Semangka yang Mungkin Belum Kita Ketahui: Mencegah Stroke

By Lintang Bestari, Sabtu, 4 Juni 2016 | 06:00 WIB

8 Manfaat Semangka yang Mungkin Belum Kita Ketahui: Mencegah Stroke

Intisari-Online.com – Para ahli mengatakan, semangka kaya akan vitamin, air dan bisa memberikan kita kulit yang lebih cerah. Hal itu membuat semangka menjadi salah satu makanan super alias “superfood” yang harus kita konsumsi. Inilah manfaat semangka lainnya yang mungkin belum kita ketahui: 

Kulit yang berkilauSemangka sangat baik untuk kesehatan kulit. Kita semua kehilangan kolagen seiring bertambahnya usia. Hal itulah yang membuat kulit kita mulai keriput. Semangka kaya akan beta karotin yang membantu mencegah hal tersebut. Mengonsumsi semangka sekitar 180 gram sehari memenuhi kebutuhan vitamin C yang membantu meningkatkan produksi kolagen.

Mencegah strokeSemangka memiliki warna merah karena antioksidan lycopene. Mengonsumsi makanan kaya lycopene mencegah risiko penyakit stroke hingga 20 persen. “Lycopene memperbaiki fungsi peredaran darah dan melindungi dari kolesterol,” kata ahli gizi, dr. Sam Christie. 

Mengatasi flu dan kankerKarena kandungan lycopene-nya, semangka bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Jadi, sangat baik membantu mengatasi flu. Studi lainnya mengatakan, lycopene bisa membantu menghancurkan sel kanker muda. “Lycopene merupakan antioksidan yang sangat kuat. Ia bisa membebaskan radikal bebas yang mengganggu sistem kekebalan tubuh,” kata dr. Sam.

Manfaat semangka lainnya: sebuah studi menunjukkan bahwa lycopene mencegah perkembangan kanker payudara dan kanker prostat. Tidak seperti buah lainnya, semangka hanya bisa diletakkan di kulkas selama tujuh hari sebelum lycopenenya berkurang. (dailymail.co.uk)