Find Us On Social Media :

Inilah Lima Manfaat Mengkonsumsi Buah Kurma Setiap Hari

By Okke Nuraini Oscar, Senin, 13 Juni 2016 | 12:30 WIB

Inilah Lima Manfaat Mengkonsumsi Buah Kurma Setiap Hari

Intisari-Online.com - Selama bulan Ramadan, kurma sering dijadikan sebagai makanan saat berbuka puasa. Tapi ternyata, kurma juga baik untuk dikonsumsi setiap hari. Berikut adalah lima manfaatnya!

* Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kurma bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Jika Anda memiliki masalah seperti sembelit atau masalah dengan lambung, memakan kurma nyatanya dapat membantu. Kurma mengandung serat yang terbukti mengurangi risiko kanker usus besar dan masalah pencernaan lain. Bahkan, kurma juga direkomendasikan untuk pengobatan wasir. Menurut penelitian pada 2009 dalam sebuah jurnal Nutrition Reviews, ¼ cangkir kurma setara dengan tiga gram kandugan serat (fiber) yang dapat membantu mencegah penyakit seperti obesitas, stroke, dan hipertensi.  

* Penghilang rasa sakit

Karena kurma mengandung magnesium, zat yang bersifat anti inflamasi, kurma juga dapat menghilangkan rasa sakit dan membantu meredakan pembengkakan. Penelitian telah menunjukkan bahwa magnesium pada kurma dapat membantu mengurangi peradangan arteri dan menurunkan risiko penyakit jantung. Lima atau enam buah kurma setara dengan 5,8% magnesium yang pas untuk perempuan dewasa dan 4,6% magnesium yang pas untuk dikonsumsi pria dewasa.  

* Kehamilan yang sehat

Sebuah studi yang dilakukan di University of Science and Technology (UST) menguji seberapa baik dampak mengonsumsi kurma dalam membantu  persalinan. Para peneliti menguji 69 wanita dan menyimpulkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi kurma selama empat minggu terakhir sebelum masa persalinan akan mengalami proses persalinan yang lebih lancar. Kurma nyatanya dapat membantu menurunkan berat badan pasca hamil dan melahirkan.

* Menekan darah tinggi dan stroke

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa kurma dapat menurunkan risiko stroke. Magnesium yang terkandung dalam kurma selain berfungsi sebagai anti inflamasi juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kalium yang ada dalam kurma juga membantu jantung bekerja lebih lancar dan mengurangi tekanan darah.

* Otak bekerja lebih baik

Penelitian yang dilakukan oleh JAMA International Medicine menyatakan bahwa mengkonsumsi  kurma memiliki hubungan dengan kesehatan otak. Kandungan dalam kurma terdapat vitamin B6 yang berguna untuk sistem otak Anda sehingga otak akan berfungsi dan bekerja lebih baik. Itu berarti, Anda bisa memiliki otak yang lebih fokus, ingatan yang lebih akurat dan dapat mengakses informasi lebih cepat.

(sfgate.com)