Find Us On Social Media :

Mengejutkan, Makanan-makanan Ini Ternyata Memiliki Kandungan Garam yang Sangat Tinggi

By Lintang Bestari, Sabtu, 18 Juni 2016 | 12:30 WIB

Mengejutkan, Makanan-makanan Ini Ternyata Memiliki Kandungan Garam yang Sangat Tinggi

Intisari-Online.Com – Menurut Dietary Guidelines terbaru, sebaiknya kita mengonsumsi sodium kurang dari 2.300 mg per harinya. Namun, berdasarkan data dari CDC, kebanyakan orang mengonsumsi garam hingga 3.400 miligram setiap hari. Ternyata, tanpa sadar, ada makanan manis yang justru menjadi sumber sodium terbanyak. Inilah makanan-makanan yang ternyata memiliki kandungan garam yang sangat tinggi:

BagelBagel berukuran sedang mengandung 470 miligram sodium. Bahkan, bagel berbahan baku gandum pun mengandung 565 mg sodium. “Tergantung apa yang pembuat bagel letakkan di dalamnya. Kita bisa saja mengonsumsi semangkuk garam dalam satu makanan,” kata Deborah Maloff-Cohen, ahli diet dan diabetes. Deborah menyarankan, jika ingin makan bagel, sebaiknya pilih yang menggunakan kismis atau kayu manis.

Bumbu SaladOrang-orang menambahkan bumbu pada salad mungkin karena bosan dengan rasa netral dari sayuran hijau. Deborah mengatakan, jika kita ingin menambah rasa salad, sebaiknya letakkan mayones, saus atau bumbu lainnya di pinggir piring. Dengan begitu, kita bisa memperkirakan jumlah garam di dalamnya dan tidak berlebihan mengonsumsinya.

Makanan yang dibekukanMakanan beku memang enak, namun kebanyakan mengandung sodium berlebih. Bahkan ada yang mengandung 1.800 mg sodium dalam satu porsi makanan saja. Kelebihan garam menahan air dalam tubuh sehingga membuat kita kembung. “Memang selalu lebih baik jika mengonsumsi buah-buahan dan sayuran tanpa garam,” saran Deborah.

SerealSemangkuk sereal dengan susu untuk sarapan mengandung 200-250mg sodium. “Porsi sereal menjadi hal yang penting karena banyak yang mengonsumsinya lebih dari satu porsi,” kata Deborah. Jangan lupa, beberapa sereal juga mengandung gula yang berlebih.

Makanan kalengMakanan kaleng selalu memiliki kandungan garam yang tinggi untuk pengawetan. Bahkan, setengah gelas buncis alengan memiliki 290 mg garam. Satu kaleng sup ayam mengandung 1.571 mg.

Itulah makanan-makanan yang ternyata memiliki kandungan garam yang sangat tinggi. Sebaiknya, jangan terlalu banya mengonsumsinya.