Find Us On Social Media :

Tempe, 1 dari 13 Makanan yang Kaya Kandungan Probiotik (1)

By Tika Anggreni Purba, Jumat, 24 Juni 2016 | 07:00 WIB

Tempe, 1 dari 13 Makanan yang Kaya Kandungan Probiotik (1)

Intisari-Online.com—Kita memiliki bakteri baik yang tinggal dalam pencernaan atau sering disebut dengan probiotik. Ia berfungsi untuk menjaga pencernaan agar bakteri jahat tidak berkembang biak dan merusak tubuh kita. Contohnya lactobacillus dan bifidobacterium.

Selain probiotik, bakteri baik ini juga membentuk vitamin K yang berguna untuk pembekuan darah yang normal dan diperlukan untuk fungsi sistem imun. Berikut 13 makanan yang kaya akan probiotik yang bisa kita konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kita akan probiotik.

1. Yogurt

Yogurt sudah dikenal sebagai makanan/minuman yang mengandung probiotik yang tinggi. Tidak hanya itu yogurt juga mengandung kalsium, protein, dan kalium. Plain Yogurt dengan buah yang segar, sedikit madu, dan kacang-kacangan adalah paduan yang mantap untuk camilan.

2. Parutan Kol (acar/asinan)

Kol merupakan makanan yang kaya akan probiotik, serat, kalium, kalsium, dan vitamin C. Namun biasanya kol cenderung tinggi kandungan sodium (natrium) sehingga kurang cocok bagi Anda yang sedang diet rendah sodium.

3. Tauco

Tauco biasanya dibuat dengan kedelai yang difermentasikan. Ia mengandung zat besi yang tinggi disertai dengan vitamin B-Complex. Namun sama seperti kol sangat tinggi kandungan sodiumnya.

4. Kefir

Kefir adalah minuman yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi, sangat mirip dengan yogurt. Cara pembuatannya adalah dengan memasukaan butiran kefir ke dalam susu sapi, kambing, atau domba. Kandungannya hampir sama seperti yogurt.

5. Kimchi

Kimchi terbuat dari sayur yang difermentasikan. Biasanya kol, sawi putih, dan lobak menjadi sayur yang difermentasi dengan rasanya yang pedas. Ia mengandung banyak probiotik, tinggi serat, vitamin A dan C, kalsium, dan aktioksidan.