Find Us On Social Media :

Klaim Gila Rusia saat Bongkar Puluhan Laboratorium Biologis Amerika yang Ditemukan di Ukraina, AS Disebut Sebarkan Penyakit dengan Cara Tak Masuk Akal Ini

By Tatik Ariyani, Sabtu, 12 Maret 2022 | 16:01 WIB

Ilustrasi senjata biologis

Intisari-Online.com - Beberapa waktu lalu, Rusia menuduh bahwa Amerika Serikat (AS) sedang bereksperimen dengan "virus kelelawar" untuk membuat senjata biologis di Ukraina .

Mengutip Newsweek, Kamis (10/3/2022), Angkatan bersenjata Rusia mengklaim, tanpa bukti, telah menemukan bukti bahwa Pentagon telah mendanai studi biologi di negara Eropa Timur untuk melakukan "penyebaran rahasia patogen mematikan."

Tak lama setelah itu, Kementerian Pertahanan Rusia menambahkan teori lain ke tuduhan mereka: Bahwa AS melatih burung di Ukraina untuk menyebarkan penyakit mematikan di antara warga Rusia, menurut Newsweek, Jumat (11/3/2022).

Klaim tersebut hanyalah salah satu dari banyak klaim palsu yang disebutkan Rusia untuk membenarkan invasi berkelanjutannya ke Ukraina, termasuk tuduhan tak berdasar bahwa pejabat Ukraina melakukan genosida terhadap etnis Rusia.

Mayor Jenderal Igor Konashenkov, kepala juru bicara Kementerian Pertahanan Federasi Rusia, membahas rencana tersebut pada hari Kamis di RIA Novosti, sebuah outlet media TV yang dikendalikan oleh pemerintah Rusia.

Konashenkov mengklaim bahwa pasukan AS telah berencana menginfeksi burung dengan jenis flu H5N1 yang dapat menyebar "dengan tingkat kematian 50 persen" serta penyakit Newcastle, outlet berita swasta Rusia Pravda melaporkan.

Penyakit Newcastle adalah penyakit unggas yang menular dan fatal yang mempengaruhi sistem pernapasan, saraf dan pencernaan, menurut Departemen Pertanian AS.

Siaran RIA Novosti dilaporkan mencakup peta, dokumen, dan foto-foto burung yang membawa lambang AS.

Baca Juga: Jor-joran Dikirimi Senjata dari Banyak Negara, Ukraina yang Punya Catatan Buruk dalam Hal Ini Dikhawatirkan akan Menambah Kondisi Jadi Makin Runyam

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Organisasi Kesehatan Dunia WHO Tiba-Tiba Panik, Saambil Tunjuk Perang Rusia-Ukraina, Ternyata Hal Mengerikan Ini Tersimpan di Laboratoium Ukraina

Konashenkov mengatakan otoritas militer Rusia juga telah menangkap beberapa burung yang terinfeksi dari Cagar Alam Kherson di Ukraina timur.

AS sempat mencoba melatih merpati untuk memandu bom menuju target yang sangat ditentukan dalam upaya era Perang Dunia II yang dijuluki "Project Pigeon."