Find Us On Social Media :

9 Bahan Makanan Ini Hampir Tidak Pernah Kedaluwarsa (1)

By Bramantyo Indirawan, Kamis, 8 September 2016 | 06:00 WIB

9 Bahan Makanan Ini Hampir Tidak Pernah Kedaluwarsa (1)

Intisari-Online.com –Telah beredar berita bahwa salah satu waralaba restoran di Indonesia menggunakan bahan kedaluwarsa pada makanannya. Kejadian ini membuat kita lebih hati-hati dalam mengkonsumsi makanan, baik yang kita beli di pasar swalayan hingga restoran.

Seperti yang dilansir dari Kompas.com, kita dapat menderita sakit perut hingga keracunan apabila mengkonsumsi makanan kedaluwarsa. Dari kram di daerah perut, muntah, demam, pusing, dehidrasi, hingga diare. Kita harus menghindari dan lebih teliti pada label. Selain itu melihat tanda-tanda seperti jamur dan bau adalah cara lain untuk menentukan apakah makanan kita kedaluwarsa.

Tapi muncul beberapa bahan makanan sehari-hari yang ternyata sangat awet dan hampir tidak pernah kedaluwarsa. Ingin tahu apa saja? Seperti yang dilansir dari Mentalfloss.com dan sumber lainnya, berikut adalah 9 makanannya.

1. Beras putih

Seperti yang dilansir dari Extension.usu.edu, Jana Darrington dan Brian A. Nummer sebagai peneliti dari Universitas Utah mengatakan bahwa beras dapat mempertahankan konten nutrisinya hingga 30 tahun. Hal tersebut dapat dicapai apabila kita menempatkannya di kontainer bebas oksigen dengan temperatur di bawah 4 derajat celcius.

2. Madu

Cairan yang dihasilkan oleh lebah ini disebut sebagai makanan yang bertahan selamanya. Dengan nektar yang berasal dari campuran bunga beserta enzim lebah, madu tercipta menjadi gula sederhana yang ditempatkan di sarang serangga itu.

Saat madu dipanaskan dan ditutup secara baik di sebuah kemasan, kelembapan tidak bisa diserap sehingga madu tidak akan berubah untuk selamanya. Madu tertua ditemukan di Tbilisi, Georgia dengan umur... 5.500 tahun!

3. Garam

Sodium klorida adalah mineral yang kita ambil dari bumi sehingga keawetannya bukan sebuah kejutan. Bahkan garam sendiri menjadi bahan yang digunakan untuk mengawetkan makanan karena bisa menghilangkan kelembapan.

Akan tetapi garam di rumah kita bisa saja hanya awet untuk lima tahun. apabila mengandung iodine atau yodium. Beda cerita apabila kita memiliki garam laut, bahan makanan ini memiliki keawetan yang lebih lama hingga selamanya.

4. Kecap

Keawetan kecap memang lama, akan tetapi kita harus mengecek juga kapan kedaluwarsa karena jenisnya yang banyak. Keawetan dapat terjaga dengan penempatan. Apabila sama sekali belum dibuka kecap juga bisa bertahan hingga bertahun-tahun di lemari es.

Ingin mengetahui bahanan makanan lainnya yang memiliki keawetan tinggi? Artikel selanjutnya akan membeberkan jawabannya.