Find Us On Social Media :

9 Bahan Makanan Ini Hampir Tidak Pernah Kedaluwarsa (2)

By Bramantyo Indirawan, Kamis, 8 September 2016 | 06:30 WIB

9 Bahan Makanan Ini Hampir Tidak Pernah Kedaluwarsa (2)

Intisari-Online.com – Makanan kedaluwarsa dapat menyebabkan sakit perut hingga keracunan. Dari kram di daerah perut, muntah, demam, pusing, dehidrasi, hingga diare. Kita harus menghindari dan lebih teliti pada label. Selain itu melihat tanda-tanda seperti jamur dan bau adalah cara lain untuk menentukan apakah makanan kita kedaluwarsa.

Akan tetapi muncul beberapa bahan makanan sehari-hari yang ternyata sangat awet dan hampir tidak pernah kedaluwarsa. Ingin tahu apa saja? Seperti yang dilansir dari Mentalfloss.com dan sumber lainnya, berikut adalah 9 makanannya yang melanjutkan artikel sebelumnya.

5. Gula

Penempatan yang tepat harus dilakukan untuk menjaga keawetan gula kita. Bubuk hingga batu lebih cocok disimpan di tempat yang menutup udara untuk mengontrol kelembapan. Kita juga harus mengecek tanggal kedaluwarsa walaupun awet untuk kepastiannya.

6. Kacang yang dikeringkan

Seperti beras, kacang pinto merupakan contoh yang tepat dalam keawetan. Setelah 30 tahun kacang itu akan menurunkan kualuitasnya, akan tetapi tetap bisa dikonsumsi. Proteinnya sendiri dianggap stabil walaupun telah bertahun-tahun.

7. Sirup mapel

Universitas Utah kembali melakukan penelitian yang mengatakan sirup mapel murni memiliki keawetan tinggi akibat ketahanan makanan ini pada pertumbuhan mikroba. Karena itu jamur sulit untuk tumbuh di makanan ini.

Apabila jamur muncul, solusi dapat diberikan dengan memanaskannya dan ambil bagian berjamur lalu masukkan ke tempat bersih dan taruh di lemari es. Seperti yang dilansir dari Massmaple.org, sirup mapel yang tidak pernah dibuka bisa awet hingga selamanya.

8. Susu bubuk

Kehadiran produk ini memang untuk memperpanjang umur susu. Tapi jangan lupa melihat tanggal kedaluwarsa tiap susu bubuk untuk mengetahui kejelasan umurnya.

9. Minuman keras

Ya, beberapa minuman keras seperti gin dan wiski memiliki keawetan yang cukup lama. Rasa akan berubah karena oksidasi dan botol yang terbuka dapat evaporasi, akan tetapi minuman keras tetap saja tidak kedaluwarsa dan bisa diminum.