Find Us On Social Media :

7 Makanan yang Dapat Mengurangi Kerontokan Rambut (1)

By Monalisa Darwin D, Senin, 12 September 2016 | 06:00 WIB

7 Makanan yang Dapat Mengurangi Kerontokan Rambut (1)

Intisari-Online.com - Tak sedikit orang yang mengalami kerontokan rambut, dimana ini dapat terjadi karena berbagai faktor, mulai dari stres, kurang tidur, kekurangan vitamin, hingga diabetes. Ada penelitian yang menyebutkan perubahan pola makan dapat membantu masalah ini. Berikut adalah 7 makanan yang dapat mengurangi kerontokan rambut:

1. Salmon

Rambut sama seperti kuku, yang harus dipenuhi serta proteinnya. Berarti, kita harus mengonsumsi protein untuk membantu pertumbuhan rambut serta menjaga kekuatan akar rambut. Protein juga dibutuhkan untuk memproduksi keratin, yaitu komponen struktural utama dari rambut. Salah satu makanan yang kaya protein adalah salmon, yang telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan rambut karena mengandung asam lemak omega 3 dan vitamin.

2. Madu

Madu dapat memperbaiki tampilan rambut yang tipis. Dalam penelitian, pasien yang mengalami masalah rambut, meliputi scaling, rasa gatal, serta rambut rontok, dimana mereka menerapkan madu 90% dan iar 10% sebagai solusinya, yang digunakan di kulit kepala setiap hari selama 4 minggu dan hasilnya adalah rambut rontok berkurang secara signifikan.

3. Kacang-kacangan serta biji-bijian

Dalam sebuah penelitian, subjek dengan masalah rambut rontok yang diteliti mendapatkan suplemen gizi yang mengandung asam lemak omega-3, omega-6, serta antioksidan selama enam bulan. Hasilnya positif, dimana 90% dari subjek mengalami pengurangan kerontokan rambut, 86% melaporkan peningkatan pertumbuhan rambut, dan 87% mendapati rambut yang lebih tebal. Dan ternyata, untuk mendapati hasil maksimal tersebut, asupan kacang-kacangan serta biji-bijian yang tinggi akan omega-3 dan omega-6 juga diperlukan, seperti kenari, bunya matahari, wijen.

4. Bayam

Penelitian juga menunjukkan bahwa seseorang  yang mengalami rambut rontok memiliki zat besi serta vitamin D2 yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan yang sebenarnya. Bayam merupakan asupan yang kaya zat besi serta vitamin C, dimana dapat membantu penyerapan zat besi. Bayam dapat dikonsumsi dengan direbus, ditambahkan ke dalam salad, dan lainnya.