Find Us On Social Media :

Orangtua yang Terlalu Disiplin Ternyata Membuat Anak-anak Jadi Pembohong Ulung

By Lila Nathania, Senin, 29 Agustus 2016 | 12:00 WIB

Orangtua yang Terlalu Disiplin Ternyata Membuat Anak-anak Jadi Pembohong Ulung

Intisari-Online.com – Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa orangtua yang terlalu disiplin ternyata membuat anak-anak jadi pembohong ulung.

Apakah Anda adalah orangtua yang sangat disiplin dan keras pada anak? Atau Anda adalah orang yang lebih liberal dan memberi kebebasan pada anak? Jika Anda adalah orang yang disiplin dan keras, berhati-hatilah. Orangtua yang disiplin ternyata membuat anak jadi pembohong.

Menurut penelitian dari Victoria Talwar, seorang ahli perkembangan sosial kognitif anak dari McGil University, orangtua yang disiplin cenderung mendorong anak jadi pembohong. Orangtua seperti ini justru menciptakan atmosfer buruk karena memberikan hukuman pada hal yang salah. Jadi, anak akan belajar untuk berbohong karena ingin menghindar dari hukuman tersebut.

Berdasarkan studi tersebut, anak-anak yang dibesarkan oleh orangtua disiplin justru jauh lebih ahli untuk mengelak dan berbohong ketika dihadapkan pada situasi yang tidak mengenakkan. Namun Victoria berkata bahwa sebenarnya berbohong bukanlah sebuah hal yang buruk. Berbohong sebenarnya juga merupakan cara anak untuk mengembangkan kemampuan psikologis.

Studi ini juga menemukan fakta unik bahwa anak yang belajar berbohong lebih awal ternyata lebih pintar dari rata-rata anak lain. Berbohong secara efektif ternyata merupakan tanda kecerdasan emosional. Jika anak berbohong dan mereka berbohong dengan baik, mereka justru cenderung bisa tumbuh menjadi orang yang pintar dan sukses.

(iflscience.com)