Find Us On Social Media :

Ajarkan Anak untuk Menentukan Pilihan dengan Tepat dengan Cara Berikut!

By Monalisa Darwin D, Selasa, 30 Agustus 2016 | 08:30 WIB

Ajarkan Anak untuk Menentukan Pilihan dengan Tepat dengan Cara Berikut!

Intisari-Online.com - Membantu dan mengarahkan anak untuk dapat menentukan pilihan terbaik menjadi tanggung jawab setiap orangtua. Hal ini akan memberikan manfaat yang sangat berarti untuk orangtua dan tentunya untuk si anak sendiri. Jadi, ajarkanlah anak untuk memilih yang tepat dengan cara berikut ini:

1. Tunjukkan pada anak bagaimana menjalani hidup dengan menjadi contoh yang baik perlu dilakukan orangtua. Ucapan dan tindakan orangtua akan dicontoh oleh anak. Selain itu, ketika orangtua menuntut anak menjadi baik, namun orangtua tidak menunjukkan sikap yang sama, maka tidak akan melakukannya. Tunjukkan pula beberpaa nilai untuk mengambil pilihan yang tepat dalam hidup mereka.

2. Orangtua dapat menunjukkan contoh orang-orang sekitar yang membuat pilihan yang salah. Beri tahu konsekuensi yang akan diterima atau dampak yang ditimbulkan. Dengan ini anak akan cenderung menjauhi hal yang salah dan berusaha tidak melakukan kesalahan seperti yang sudah ada.

3. Tunjukkan pula bagaimana bila seseorang tidak pernah membayar atas apa yang diambil. Ada banyak kasus yang dapat diberikan sebagai contoh kepada anak bila seseorang melakukan kejahatan, termasuk mengambil barang milik orang lain tanpa memberitahu. Ada sanksi hukum dan sosial yang dapat diterima. Bukan menakut-nakuti, namun orangtua harus mampu menyampaikan ini sebagai informasi yang perlu diketahui anak, bicaralah dengan lembut.

4. Orangtua juga dapat memberikan hukuman pada anak bila anak melakukan kesalahan yang sangat besar. Namun perlu diingat bahwa hukuman diberikan sesuai dengan keadaan anak. Jangan terlalu ekstrim, karena hukuman dilakukan sebagai pelajaran kepada anak.

5. Sebaliknya, bila anak melakukan pilihan yang tepat, berilah mereka penghargaan atau hadiah. Tak perlu memberikan sesuatu yang mewah atau berlebihan. Orangtua hanya perlu menjadikan pikiran anak bahwa bila mereka memilih yang baik, mak mereka akan selalu dihargai serta merasa bahagia pula dalam kehidupan.

6. Bila anak masih kekeh dengan pilihan mereka, yang sebenarnya salah, biarkan. Ketika orangtua telah memberikan arahan namun anak tetap memilih yang salah, maka mereka akan mengetahui dampaknya sendiri. Dengan ini pula anak akan belajar sendiri untuk tidak membuat kesalahan lagi.

7. Tunjukkan apa yang akan mereka peroleh bila memilih sesuatu yang tepat. Beritahu berbagai manfaat atau hasil yang akan diterima anak. Dengan demikian, anak akan belajar tentang kerasnya kehidupan dan mereka sudah terbiasa hingga dewasa untuk memilih yang tepat.

Mulai sekarang, yuk, ajarkan anak untuk memilih yang tepat dengan cara tadi! (magforwomen.com)